header 728 x 90 3

Cara Menarik Memulai Usaha Dengan Modal Kecil

JIBI/SOLOPOS/Dwi Prasetya
Pedagang menyiapkan bakso kepada pelanggan di warung Bakso Remaja, Kartopuran, Kecamatan Serengan Solo, Selasa (20/11). Naiknya harga daging sapi membuat pedagang terpaksa ikut menaikkan harga bakso dari Rp8.500 menjadi Rp9.000 per porsi.

Anda jangan takut untuk memulai usaha dengan modal kecil, karena di sini kami akan membantu anda dengan cara memulai usaha dengan modal kecil yang bisa dilakukan dengan mudah. Pengertian bisnis modal kecil adalah usaha yang membutuhkan modal untuk investasi yang jumlahnya kecil untuk bisa menjalankan bisnis. Untuk besar kecilnya nominal modal maka tergantung kepada pemilik modal itu sendiri.

Pemikiran orang kebanyakan adalah untuk memulai sebuah usaha harus memerlukan modal yang besar. Pemikiran ini tidak seluruhnya benar, karena faktanya hanya dengan modal yang kecil anda juga sudah bisa memulai bisnis yang anda inginkan.

Tips Memulai Usaha Modal Kecil

Menentukan Ide Usaha

Cara memulai usaha dengan modal kecil yang pertama adalah menentukan ide usaha karena cara ini adalah langkah penting yang dapat mempengaruhi bisnis anda. Mungkin banyak ide usaha yang cemerlang tetapi anda susah untuk memilih yang sesuai dengan kemampuan dan pengalaman yang anda miliki Memulai sebuah usaha tanpa didasari dengan ide yang kreatif akan mengakibatkan ketidakseimbangan. Pilihlah ide usaha berdasarkan hobi, atau kesukaan.

Membuat Perencanaan Usaha

Setelah anda sudah menentukan ide usahanya, maka tips membuka usaha dengan modal kecil selanjutnya adalah membuat perencanaan dari ide tersebut. Dengan melakukan perencanaan maka usaha yang dijalankan akan lebih mudah dalam menjalankannya. Karena kita akan mengetahui langkah apa saja yang akan butuhkan dan akan dilakukan contohnya masalah modal, lokasi usaha, proses produksi, pemasaran, dan promosi. Anda juga akan mengetahui kemana arah usaha akan anda bawa, anda lebih tahu anggaran biaya yang dikeluarkan, modal dan kebutuhan lain yang diperlukan. Hal ini akan menjadikan Cara memulai usaha dengan modal kecil bisa berjalan dengan lancar.

Melakukan Survey dan Analisa

Apabila ide dan perencanaan sudah anda dapatkan. maka cara selanjutnya adalah melakukan survey dan analisa usaha. Survey biasanya dilakukan untuk menentukan lokasi usaha yang strategis, Melihat pesaing, melihat pangsa pasar. Survey dilakukan untuk mendapatkan hal-hal yang nantinya mungkin akan menghambat jalannya bisnis dan kemajuan bisnis tersebut. Apabila anda membuka usaha tanpa melakukan survey terlebih dahulu bisa saja usaha yang anda jalankan malah menjadi sepi atau bahkan tidak tepat sama sekali dengan kebutuhan para konsumennya.

Mempersiapkan Usaha dengan Matang

Cara memulai usaha dengan modal kecil yang selanjutnya adalah mempersiapkan usahanya dengan matang. Dengan adanya persiapan ini kemungkinan kecil untuk kesulitan mencari bahan baku, pemasaran produk, dan yang lainnya akan diminimalisir. Agar usahanya tidak memakan biaya yang besar maka segala sesuatunya harus disiapkan dengan matang. Karena dengan langkah untuk memulai bisnis ini sangat menentukan keberhasilan bisnis tersebut.

Menjalankan Usaha Anda

Setelah semua sudah anda siapkan mulai dari ide-ide, perencanaan, survey, dan persiapan maka Cara memulai usaha dengan modal kecil yang paling penting adalah anda mulai action dengan usaha yang akan anda jalankan. Karena kalau tidak dimulai dari sekarang maka ide-ide kreatif yang akan anda jalankan bisa saja orang lain sudah memulainya.

Cara memulai usaha dengan modal kecil adalah hal penting yang harus anda lakukan karena dari hal tersebut anda bisa mengetahui apa saja yang bisa menjadi menghambat, bagaimana pesaing yang ada di dekat usaha anda, Seberapa besar minat konsumen terhadap usaha anda.

author

Author: 

Related Posts