header 728 x 90 3

Jika Sudah Tidak Memungkinkan, Ya Putar Haluan.

bisnis-tidak-memungkinkanDalam hidup sering kali kita menemui hal-hal yang tidak sependapat dengan hati kita. Hal ini terjadi biasanya pada kita yang tidak sepenuhnya menyukai pekerjaan atau usaha yang sedang kita jalani. Kita merasa sudah lama dan susah payah tetapi apa yang kita inginkan belum tercapai. Sehingga akan berakibat bahaya untuk masa depan. Keadaan seperti ini merupakan keadaan yang cukup sulit untuk kita tentukan. Mau terus berjalan ke jalur ini apa kita harus putar haluan.

Tapi apa iya putar haluan bisa menyelesaikan masalah ?Jawabnnya sangat tergantung dari kita sendiri.Persiapan dan aturan main memutar haluan ini sangat penting agar jangan sampai kejadian saya memutar haluan yang lalu terjadi juga di pada rekan sekalian.Jangan dikesan putar haluan adalah sebuah solusi dari kejenuhan dan kelelahan.Semua usaha ataupun pekerjaan mempunya titik jenuh dan beban tersendiri.Dan energy dari tubuh kita ini tetap diperlukan.

Putar haluan juga pernah dilakukan oleh nabi kita, nabi Muhammad SAW.Ketika Rasul dilanda kesedihan karena pada tahun tersebut beliau ditinggal oleh istri dan paman tercinta.Beban Rasulpun bertambah dengan semakin menjadi jadinya intimidasi dan embargo yang lakukan oleh kafir kuraisy kepada para diri Rasulullah dan para pengikutnya.

Nabi Muhammad yang selalu  ingin memberikan rahmat bagi seluruh alam, menjadikan alam dan mahluknya menjadi kesatuan yang harmoni, tak pernah mundur walau selangkah. Salah satu strategi yang dilakukan untuk mengatasi ujian da’wah tersebut adalah memutar haluan dengan mencari tempat lain yang kondusif bagi umat islam atau dikenal dengan peristiwa HIJRAH. Hijrah memberikan nafas baru bagi kaum muslimin sehingga pada akhirnya ditempat itulah islam dapat tumbuh sumbur dan berkembang

Tentunya hal tersebut juga menjadikan dasar bagi kita untuk berani menentukan sikap, ketika hal keterpurukan itu berlangsung begitu lama, dan anda sampai seperti tidak punya daya dan upaya.Jika anda yakin, silahkan anda putar haluan. Putar haluan lebih baiknya adalah bukan karena nafsu tetapi semata-mata karna ALLAH, bagaimana caranya..?,, berikut saya coba membagikan untuk anda :

  1. Niatkan untuk Allah

Belajar dari kisah hijrah Rasul, ketika kita akan berputar haluan, selalu meniatkan semua aktivitas tersebut untuk kebaikan agama Allah, kebaikan diri dan keluarga. Jika ini yang menjadi niat kita, maka yakinlah proses putar arah yang dilakukan akan berat dan jauh dari kesuksesan, karena Allah berfirman dalam QS. Surat Attalaq ayat 4 yang berbunyi “jika Engkau bertaqwa kepada Allah, niscaya Allah menjadikan baginya kemudahan dalam urusnnya”. Karena semua kegiatan di dunia ini butuh keridhoan ALLAH SWT.

  1. Rencanakan terlebih dahulu

Seperti hal yang dilakukan Rasul ketika hendak berhijrah, Rasulullah telah menjajaki tempat tempat lain disekitar makkah yang dijadikam alternatif untuk berhijrah dan semua kemungkinan itu telah dipelajari terlebih dahulu oleh para shahabat. Bukan kita menggunakan emosi dalam mengambil keputusan, tetapi survey dulu bagaimana ketika kita bergerak nanti kesana. Bukan kita seperti berjudi dan pasrah, tetapi semua perlu upaya yang maksimal

  1. Lakukan secara  Sembunyi sembunyi (silent)

Ini penting, ada yang tidak suka orang lain bahagia, mungkin orang ini merupakan orang dengan penyakit hati yang kronis dan sudah terlalu melekat didalam jiwanya.Janganlah menggaung-gaungkan terlebih dahulu, Putar haluan yang dilakukan dengan sembunyi sembunyi dan perlahan-lahan, akan menyebabkan kesuksesan proses putar haluan lain. Namun jika kita memutar haluan penuh dengan kegaduhan, akan semakin banyak konflik .

  1. Bekerjasamalah dengan yang sudah ahli

Terkadang kita lebih asyik menyelesaikan masalah dengan orang yang kita anggap bisa, atau mampu dibidangnya. Jangan ragu meminta bantuan mereka yang sudah ahli, atau kita bisa mngajaknya bekerja sama. Kadang semangat dan motivasi dalam diri kita naik turun, manfaatkan orang lain, orang terdekat untuk memacu semangat anda untuk menjadi seseorang yang lebih baik, pantang menyerah, selalu memperjuangkan orang lain. Dsb..

  1. Semangat tanpa henti 

Putar haluan bukan berarti anda langsung seketika. Putar haluan juga memerlukan proses panjang untuk berhasil. Tetapi paling tidak anda sudah bisa keluar dari tekanan yang selam ini anda rasakan, anda sudah lebih bebas mengesplore diri anda sendiri.Anda lebih menikmati hidup karena tuhan selalu bersama anda.

Tetap semangat …lakukan perubahan untuk hidup anda, Allah tidak akan merubah nasib seseorang hingga orang itu sendiri yang merubah hidupnya sendiri. Lakukan semua ini semata-mata demi ALLAH, dan juga untuk mencapai harmoni antar mahluk ciptaan-NYA

Tags:
author

Author: 

Related Posts