header 728 x 90 3

Tingkatkan penjualan 100% dengan hukum pareto

tingkatkan-penjualan-100-dengan-hukum-paretoTentu bagi pelaku bisnis yang sudah pengalaman mengerti benar teori hukum pareto ini, bahkan hukum pareto ini sangat banyak digunakan untuk memaksimalkan penjualan jauh lebih tinggi dan juga dimanfaatkan untuk menjaga keefektifan dan penghematan biaya modal.

Sebelumnya akan saya bahas hukum pareto ini dalam segi historis, bahwa hukum ini muncul diajukan seorang management bisnis bernama Joseph M Juran dari ekonom Italy Vilferdo Pareto yang mengamati bahwa 80% pendapatan di Italy dimiliki oleh 20% penduduk saja. Dari penelitian itu akhirnya terus berkembang ke beberapa aspek, sehingga menjadi suatu hukum yang banyak diikuti oleh para pebisnis di muka bumi ini.

Bagaimana sih maksud dari 80% dan 20% itu?…

Nah mari kita bahas perlahan. Dalam kegiatan usaha penjualan, biasanya ada produk yang jarang laku, laku dan sangat laku. Nah rata-rata yang terjadi secara nyata setelah dievaluasi mendalam perusahaan atau badan usaha yang bergerak di bidang penjualan menemukan ada produk yang paling laris dan mendapatkan omzet paling tinggi, yaitu sebesar 80% dari jumlah omzet secara keseluruhan.  80% pendapatan itu, ternyata hanya berasal dari 20% saja dari semua varian produk yang di jual.

Saya beri contoh nih…   Pernahkan anda meneliti baju yang anda gunakan setiap hari….

Ternyata hanya itu-itu saja yang sering kita pakai padahal tumpukan di almari begitu banyak baju kita… nah itu yang dinamakan hukum pareto, kita cenderung memakai baju yang kita sukai saja padahal pilihan di alamari kita begitu banyak. 20% baju yang ada itu saya gunakan dalam 80% waktu dalam satu bulan. Lebih sederhana lagi, kita punya baju di almari sebanyak 100 buah, tetapi 24 hari dalam sebulan kita hanya memakai 20 baju kesukaan kita bergantian, dan baju itu-itu saja, sisanya yang 6 hari baru sisanya secara variatif.

Hem… Bagaimana dahsyatkan.., produk yang banyaknya hanya 20% dari varian menghasilkan 80% dari omzet keseluruhan.

Yuk coba kita amati produk kita dan cari pareto 80% dan 20% nya…..

Produk apakah itu ??….
Silahkan anda cari sendiri, teliti produk anda sendiri ambil rata-rata omzet perproduk dari trend 3 bulan sebelumnya..

Jika sudah ketemu apa yang terus dilakukan ?? …..

Hehehe…  Jangan bingung, fungsi dari pareto ini adalah memaksimalkan omzet dan mengefektifkan modal. Jika kita sudah tau apa saja produk yang masuk 20% omzet tertinggi itu maka kita akan tambah stocknya dan tambah tempat displaynya, tambah promonya dll. Nah untuk produk yang kurang laku, kita buat tabel eksekusi, jika selama 3 bulan berturut-turut tidak laku, produk ini wajib kita retur atau tidak usah di order lagi, dan untuk produk yang lakunya kadang-kadang, kita tidak usah terlalu banyak ordernya, jika supplier tetap naruh barang bisa anda tolak secara perlahan. Anda harus mengutamakan yang 20% penyumbang omzet tertinggi.

Nah,,, pasti pertanyaan anda ganti lagi,, Nah bagaimana caranya meningkatkan penjualan hingga 100% menggunakan hukum ini… ???

Yupsss… Jawabannya adalah order dari produk 20% ini dinaikkan 200% dari rata-rata jumlah penjualan diambil data 3 bulan terakhir. Begitu juga tempat displaynya diperlebar 200%, untuk produk yang 20% itu, bagi anda yang melakukan penjualan via on line anda bisa menambah stock anda dan di anggarkan promo berbayar yang paling ampuh senilai 2x lipat agar lebih banyak calon konsumen yang bisa di jangkau.

Nah itu tadi artikel yang dapat saya bagikan, mudah-mudahan bermanfaat dan dapat meledakkan penjualan menjadi 100%, BUKAN BISA ATAU TIDAK BISA, TETAPI MAU ATAU TIDAK MAU,.

Tags:
author

Author: 

Related Posts