header 728 x 90 3

Tips bagi pebisnis pemula

tips-bagi-pebisnis-pemula

Sobat sekalian taukah anda bahwa salah satu pintu rejeki ada di perniagaan (perdagangan, jual beli). Taukah anda, apa profesi orang terkaya di Indonesia?, dan taukah anda apa profesi orang terkaya di dunia?. Yupss… mungkin beberapa dari kita sudah mengetahui mereka semua mempunyai  usaha.

Rudi Robert Hartono adalah orang terkaya no 1 di Indonesia dia adalah pemilik Djarum (rokok) dan Bill gates adalah orang terkaya no 1 di dunia dengan kekayaan 883,72 triliyun beliau adalah pemilik microsoft yang digunakan di seluruh dunia.

Bagaimana dengan kita yang masih bingung dalam menentukan arah hidup. Mau jadi pengusaha atau jadi pekerja. Hemmm….  sebagian dari kita terkadang bingung dalam menentukan pilihan profesi ini. Baik sobat…   janganlah bingung, ikuti kata hati saja, ikuti passion anda. Anda inginnya kemana, jadi pengusaha bisa jadi pegawai. Karena jika anda paksakan memilih yang bukan passion anda, maka ujungnya adalah kebosanan, keputus asaan dan kegalauan dalam menjalani hidup.

Dalam sistem bisnis di masa sekarang ini, pelaku bisnis di bagi menjadi  dua yaitu sebagai pengusaha dan sebagai investor. Bagi anda yang memilih profesi sebagai pekerja atau pegawai baik di instansi pemerintah ataupun di perusahaan swasta anda bisa juga menjadi pengusaha dengan cara menjadi investor. Sehingga uang anda yang bekerja untuk anda.

Bagi anda yang tidak ingin terlalu diatur oleh atasan, sangat membenci rutinitas kantor, bosan di marahi manager / kepala bidang dan bagi anda sangat menyukai tantangan kemungkinan besar anda cocok untuk menjadi pengusaha, anda bebas mengeksplore diri anda tanpa batas, anda bebas berkreativitas sesuai dengan keahlian anda, anda bebas membesarkan usaha semau anda. Dan jika usaha anda sudah sangat besar, anda hanya berperan sebagai pengambil arah kebijakan, dan karyawan anda yang menjalankan usahanya. Bahkan untuk terus melebarkan sayap usaha anda, modal bisa diperoleh dari investor untuk sama-sama menikmati hasil usaha tanpa anda menyuntik modal dari kantong sendiri. Ada gurauan bijak mengatakan, usahanya jalan pengusahanya jalan-jalan… hehehe…

Nah… pada artikel ini saya akan membagi tips bagi anda yang memilih berprofesi sebagai pengusaha. Dan anda adalah seorang pemula yang mau terjun ke dunia bisnis sebagai pengusaha.

Pertama,  Mulailah dahulu bisnis dengan sesuatu yang sedikit (kecil). Awal melakukan usaha lebih baik menggunakan modal yang kecil untuk test market di awal. Jumlah produknya juga jangan langsung banyak, melainkan sedikit dulu, karena kita belum mengetahui potensi serapan pasar terhadap produk yang kita jual. Usahakan modalnya adalah berasal dari modal sendiri, sebisa mungkin hindari dari pinjaman ataupun hutang.

Kedua, Putuskan urat malu. Artinya jika anda ingin berbisnis harus juga siap secara mental, bahkan spiritual. Jangan malu kalo usaha kita masih terbilang kecil, karena semua yang besar berawal dari yang kecil. Jangan malu kalau harus menawarkan produk yang kita jual. Ingat bahwa semua yang kita lakukan ini adalah sesuatu hal yang halal dan penuh barokah.

Ketiga, Jangan mudah putus asa. Biasanya bagi pebisnis pemula kegagalan adalah sesuatu hal yang sangat berat, bahkan hal tersebut yang membuat mereka putus asa dan memutuskan kembali untuk menjadi seorang pegawai. Sobat sekalian jika anda mengalami kegagalan pada usaha anda, jangan putus asa, coba renungkan, evaluasi mengapa sampai usaha tersebut gagal, pasti di balik itu ada solusi dan kegagalan itu yang akan menjadikan anda jauh lebih ahli dalam bisnis tersebut. Ingat kata-kata bijak, habiskan jatah gagal kamu di masa muda hingga tersisa sukses yang mengalir lebih lama.

Keempat, Harus konsisten dan istiqomah. Sobat sekalian hindari bisnis kutu loncat, baru coba satu bisnis gagal, coba bisnis lainnya, gagal lagi coba lain lagi. Nah hal seperti ini yang menjadikan bisnis tidak akan total, bahkan tidak akan merasakan kesuksesan dari bisnis yang di coba, anda cenderung hanya meraskan kegagalannya saja. Bisnis atau usaha itu harus konsisten dan istiqomah, jika menemui kegagalan maka coba lagi dengan cara yang berbeda bukan dengan bisnis yang berbeda. Ibarat kita main  game, jika kita baru gagal di level 1 dan kita tidak mau main lagi dari awal maka kita tidak akan pernah bertemu dengan level 10 (level kemenangan). Begitu juga halnya dengan bisnis kita.

Kelima, jangan pernah berhenti untuk menambah ilmu. Berani berbisnis berarti berani untuk bersaing, karena tidak dapat di pungkiri bahwa produk yang kita jual semakin lama akan banyak pesaing. Dan yang akan memenangkan persaingan itu adalah mereka yang mau untuk berubah. Berubah kearah yang lebih inovatif sehingga produk kita semakin mempunyai nilai lebih dari pada produk pesaing. Nah untuk menciptakan inovasi itulah kita harus banyak belajar dan menimba ilmu sehingga daya  kreatifitas akan muncul lebih inovatif.

Keenam, Rajinlah sedekah. Nah sobat untuk memuluskan usaha sangat di anjurkan untuk rajin bersedekah, agar apa yang telah kita peroleh juga dapat di nikmati orang lain. Sedekah merupakan rasa syukur kita kepada Tuhan, ingat janji Tuhan jika kita bersyukur maka akan di tambah nikmatnya. Menjadi penugusaha tidak hanya harus siap secara mental melainkn juga harus siap secara spiritual.

Sobat sekalian itulah tadi tips berbisnis yang dapat saya bagikan, mudah-mudahan bermanfaat. Tak ada pelaut ulung yang tercipta dari laut yang tenang, tak ada pengusaha yang sukses tanpa adanya kegagalan. Jadi jangan takut untuk menjadi pengusaha, dan jangan takut dengan kegagalan. Karena Tuhan sangat senang terhadap hambanya yang gigih berusaha dan sangat bangga pada hambanya yang dapat bermanfaat untuk orang lain.

Tags:

Rate this article!

Tips bagi pebisnis pemula,0 / 5 ( 0votes )
author

Author: 

Related Posts