header 728 x 90 3

Trik mendapatkan investor dengan cepat

trik-mendapatkan-investor-dengan-cepatRekan – rekan wirausaha dimanapun anda berada, kali ini saya akan memberikan beberapa trik bagi anda yang ingin mengembangkan usaha dengan cara mencari investor, sehingga brand yang anda miliki lebih kuat dalam persainganya. Modal adalah hal yang penting dalam mengembangkan usaha, dan cara paling aman untuk terus mengembangkan usaha yaitu dengan menjaring investor.

Namun dalam melakukan hal-hal tersebut ada kiat-kiat dan trik yang harus anda pelajari agar si investor sekali kita ajukan penawaran kerjasama langsung bisa approved. Banyak tehnik sebenarnya yang bisa di jalani. Tetapi disni saya menitik beratkan pada integritas sebuah badan usaha ataupun owner yang mendirikannya. Adapun trik-trik yang harus anda lakukan adalah seperti berikut.

Pertama, pastikan usaha anda sudah berbadan hukum. Baik UD, CV ataupun PT. Mengapa demikian?. Karena dengan sudah adanya badan hukum artinya usaha tersebut sudah benar-benar legal adanya. Hal ini akan memberian citra positif bagi calon investor yang bergabung pada usaha kita.

Kedua, usia usaha minimal 1 tahun. Hal ini menunjukan bahwa usaha ini telah berjalan cukup lama untuk ukran suatu kerjasama. Jangan sampai anda mencari investor saat usaha anda baru 2 atau 3 bulan, biasanya mereka belum sepenunya yakin kalau usaha tersebut akan berjalan lama. Kecuali jika anda untuk yang duplikasi, usia usaha yang dimaksud ini adalah usaha yang pertama kali dibentuk.

Ketiga, pastikan ketika pengajuan kerjasama pastikan laporan L/R anda dalam kondisi plus selama kurang lebih 6 bulan terakhir. Walaupun plus tersebut tidak besar, dan alangkah baiknya jika plus tersebut 6 bulan teakhir grafiknya meningkat. Jangan sampai anda mengajak kerjasama saat kondisi usaha anda secara L/R merugi selama 3 bulan terakhir.

Keempat, buatlah presentasi dan proposal yang sangat menarik. Jangan asal-asalan dan buatlah prediksi minimal 2 th kedepan jika kerjasama tersebut berjalan maka keuntungan investor nampak secara estimasi.

Kelima, buatlah kerjasama dengan jangka yang tidak terlalu panjang. Misalnya kontrak petama selama 5 tahun, dan akan diperpanjang perlima tahunan dengan ketentuan yang diperbarui selama 5 tahunan.

Ketujuh, ajak investor untuk survey ke tempat usaha. Pastikan semua team kerja pengelola bisnis anda memberikan pelayanan yang menarik dan bersemangat, agar pihak investor dapat menangkap energy positif tersebut dan berimbas terhadap pola fikirnya mengenai kemajuan usaha tersebut kedepan.

Nah rekan-rekan semua kiranya itulah tadi trik yang dapat saya sampaikan lewat artikel ini. Mudah-mudahan memberikan manfaat kepada kita semua. Pesan saya pada artikel ini adalah, jika kita melakukan suatu usaha dengan baik, maka integritas terhadap usaha tersebut akan tinggi dan kita akan lebih mudah untuk mengembangkannya, begitu juga sebaliknya.

Tags:
author

Author: 

Related Posts