header 728 x 90 3

Apa Saja Usaha Sampingan Mahasiswa Dengan Modal Kecil?

Meskipun anda masih menempuh dunia pendidikan di perguruan tinggi, ada baiknya anda menggeluti bisnis untuk kemudian bisa dikembangkan nantinya setelah lulus kuliah. Ada banyak pilihan untuk usaha sampingan mahasiswa dengan modal kecil yang bisa anda tekuni. Anda bisa memulai usaha dengan menjalankan bisnis kecil-kecilan terlebih dahulu. Untuk memulai usaha, tentunya anda harus berkemauan keras serta tidak minder ataupun malu-malu.

Usaha sampingan mahasiswa dengan modal kecil: beberapa peluang yang bisa dipilih

Photographer merupakan salah satu contoh dari usaha sampingan mahasiswa dengan modal kecil. Bagi anda yang mempunyai kualitas dalam memotret serta didukung dengan perlengkapan yang anda miliki sekarang, maka untuk menjalankan bisnis ini anda tidak perlu ragu lagi. Segeralah memulai untuk membuka bisnis photography pre wedding atau moment-moment yang lainnya. Selain photographer, bagi anda yang memilih jurusan berkaitan dengan desain, tidak ada salahnya jika anda menjadikan bisnis desain grafis yang tentunya mempunyai daya jual yang cukup tinggi. Usaha sampingan mahasiswa dengan modal kecil yang menguntungkan ini tentunya akan diiminati banyak orang karena saat ini bermunculan distro kaos ataupun distro muslim yang kemudian bisa bekerja sama dengan anda sebagai salah satu tim kreatif design.

Jika anda sedang mencari bisnis usaha sampingan mahasiswa dengan modal kecil, anda bisa mencoba membuka jasa pengetikan. Usaha sampingan mahasiswa dengan modal kecil yang satu ini tentunya akan diminati banyak orang karena mahasiswa tidak terlepas dari tugas yang mengharuskan untuk diketik. Biasanya, jasa yang satu ini di minati oleh para mahasiswa yang super sibuk sehingga hanya untuk mengetik saja mereka tidak ada waktu atau sudah terlalu capek dengan aktivitas yang mereka lakukan misalnya seperti para aktivis. Usaha yang satu ini hanya membutuhkan modal kecil terlebih jika anda sudah mempunyai komputer dan printer. Modal yang diperlukan hanya untuk membeli tinta dan kertas.

Untuk memulai usaha sampingan mahasiswa dengan modal kecil sebenarnya tidak selalu memerlukan modal besar, bisnis kecilpun tak masalah asalkan anda mempunyai keberanian serta kesungguhan hati untuk memulainya maka seiring berjalannya waktu, bisnis yang anda tekuni juga akan berkembang lebih besar. Selain jasa pengetikan, anda juga bisa memanfaatkan peluang bisnis jualan pulsa. Bisnis ini juga diminati karena mudah dijalankan serta tidak membutuhkan tempat usaha. Untuk mengembangkan bisnis ini, anda hanya membutuhkan handphone untuk sarana transaksi. Usaha ini juga bisa dipromosikan dengan mudah dan anda bisa memulainya dari teman-teman kampus di sekitar anda. Bisnis akan terus berkembang jika anda sudah mempunyai pelanggan.

Usaha bisnis jasa sampingan mahasiswa dengan modal kecil selanjutnya adalah membuka bimbingan belajar. Jenis usaha sampingan mahasiswa dengan modal kecil adalah yang paling banyak dilakukan oleh para mahasiswa. Selain bisa membagi ilmu yang mereka miliki, bisnis ini juga cukup menguntungkan. Anda bisa membuka les privat dengan bergabung ke lembaga bimbingan belajar ataupun membuka les privat sendiri. Namun, saat mengembangkan bisnis ini, pastikan bahwa bidang yang anda pilih sesuai dengan kapasitas. Misalnya, jika anda kuliah di jurusan bahasa Inggris, maka anda bisa membuka les bahasa Inggris.

Selain ibu rumah tangga, para mahasiswa juga bisa melakukan bisnis online sebagai usaha kecil-kecilan. Saat ini, usaha sampingan mahasiswa dengan modal kecil yang satu ini juga sedang digandrungi oleh banyak orang terutama di kalangan anak muda. Selain dapat dikerjakan dengan mudah, anda juga bisa melakukannya dimana saja dengan modal awal yang cukup kecil.

Tags:
author

Author: 

Related Posts