header 728 x 90 3

Cara Memulai Usaha Dengan Modal Kecil

Saat ini sudah banyak sekali lulusan sarjana yang hanya menganggur karena tidak mendapatkan pekerjaan dari perusahaan yang diincar. Bahkan beberapa dari mereka menyerah untuk bekerja dengan perusahaan melainkan memulai usaha dengan modal kecil yang mereka miliki sebelumnya. Dari sinilah ide-ide baru muncul yang bisa bersaing di kancah perbisnisan. Untuk memulai suatu usaha dengan modal yang terbatas memanglah tidak semudah membalikkan telapak tangan, akan tetapi bagi kalian yang memang berniat memulai usaha baru anda sebaiknya anda mengikuti langkah-langkah berikut. Langkah-langkah ini bisa membantu anda dalam mempersiapkan semua hal tentang bisnis anda secara matang. Berikut penjelasannya.

  1. Jenis Usaha

Memulai suatu usaha dengan modal kecil harus didasari ide usaha itu sendiri yang ditentukan secara matang. Untuk menemukan ide yang kreatif dan juga langka, anda memang harus bekerja keras untuk mendapatkan beberapa informasi yang mana informasi itu membuat usaha anda tidak berhenti ditengah jalan. Misalnya saja jenis usaha yang akan anda geluti atau mulai ini bisa berasal dari hobby, keahlian maupun hal-hal baru yang belum pernah ada sebelumnya. Anda harus sangat teliti dalam menemukan suatu jenis usaha ini.

  1. Rencana usaha

Setelah anda menemukan jenis usaha tersebut, selanjutnya adalah perencanaan suatu usaha. Anda harus menggodog dengan benar apakah jenis usaha anda itu bisa berjalan dalam waktu yang lama di dunia bisnis ini. anda juga perlu tahu bahwa nantinya saingan anda akan lebih banyak dari sebelumnya. Anda harus siap akan konsekuensinya. Dari beberapa sumber dan fakta di lapangan menyatakan bahwa kegagalan dari suatu bisnis adalah ketika tidak bisa menghadapi krisis yang dialami ditengah-tengah perjalanan. Oleh sebab itu anda harus siap terlebih dahulu untuk memulai usaha dengan modal kecil ini. arahkan dengan pasti tujuan anda dalam membangun usaha mikro ini.

  1. Observasi

Cara selanjutnya yang harus anda amati adalah dengan mengamati lingkungan anda. Observasi ini wajib dilakukan untuk mengetahui kondisi konsumen, lokasi usaha, pesaing, target penjualan, serta marketing dari usaha tersebut. Dengan adanya observasi lingkungan, anda juga bisa mengetahui peluang bisnis yang ada disekitar yang bisa meminimalisir pesaing-pesaing anda. apabila memulai usaha dengan modal kecil dan juga pesaingnya sedikit maka usaha anda akan meroket dan anda akan menjadi pengusaha sukses yang bisa mendapatkan banyak keuntungan.

  1. Persiapan

Persiapan memulai usaha dengan modal kecil menjadi prioritas tersendiri yang mampu membuat kita percaya diri dalam memulai usaha yang akan kita geluti nantinya. Semua persiapan tersebut bisa meliputi izin berbisnis dari dinas setempat maupun izin dari keluarga yang akan membantu kita dalam menjalankan bisnis kecil-kecilan tersebut. sesuatu yang dimulai dari restu keluarga ini adalah dorongan mental yang sangat bagus yang mana bisa membangun rasa percaya diri anda dalam memulai sesuatu. Selain itu, persiapan seperti alat-alat, mesin, karyawan, dan berbagai fasilitas yang dibutuhkan dalam memulai usaha tersebut harus dipersiapkan dengan matang.

  1. Action

Yang terakhir adalah action. Setelah semua poin terselesaikan, langkah yang pasti dalam memulai usaha dengan modal kecil adalah action anda. action anda adalah penentu usaha anda yang siap untuk bersaing dengan yang lain yang mana hal ini akan menentukan apakah usaha anda akan berkembang atau akan berhenti ditengah jalan. Hal itu tergantung anda yang melakukannya.

Tags:

Rate this article!

author

Author: 

Related Posts