header 728 x 90 3

Analisa Potensi Bisnis Online Tanpa Modal

Bisnis online tanpa modalPersaingan pasar menuntut seorang pebisnis untuk membuat beberapa pilihan. Salah satu pilihan yang biasa digunakan oleh para pebisnis adalah beralih dari sistem konvensional menjadi sistem yang terintegrasi internet. Bisnis via online nyatanya tidak selalu memberikan beberapa kelebihan atau keuntungan. Bisnis online tanpa modal yang biasa kita menyebutnya, juga memiliki beberapa kekurangan.

Analisa yang kami peroleh ternyata menunjukkan bahwa antara kekurangan dengan kelebihan yang diperoleh para pebisnis ketika menjalankan bisnis online hampir seimbang. Semuanya kembali lagi pada kemampuan manajerial yang dilakukan oleh para pebisnis. Diperlukan suatu strategi agar dapat mengoptimalkan peluang yang tersedia disertai dengan daya dukung dari teknologi yang ada. Ini dia beberapa kelebihan dan keuntungan melakukan bisnis online tanpa modal yang sudah kami rangkum.

Kelebihan Bisnis Online

Terdapat beberapa kelebihan bisnis online yang dapat Anda peroleh ketika mulai mengaplikasikannya. Berikut beberapa kelebihan yang dimaksud.

  • Jangkauan Pasar yang Luas

Jangkauan internet tidak mengenal batasan apapun. Luasnya jangkauan tersebut dapat dimanfaatkan dalam dunia bisnis. Penggunaan sosial media maupun jasa lainnya yang mendukung dapat mengatasi pangsa pasar yang terbatas pada keadaan geografisnya. Semua pangsa pasar, persaingan dan kondisi pasar dapat Anda jangkau dengan mudah dan tidak terbatas.

  • Kemudahan Bertransaksi

Era digital mempermudah dunia bisnis untuk memulai usaha via online. Daya dukung dari penyediaan fasilitas semakin mempermudah konsumen untuk memilih transaksi jual-beli dengan berbasis online.

  • Modal Relatif Kecil

Cukup sediakan koneksi internet dengan perangkat pendukungnya seperti laptop atau android, Anda sudah mampu menjalankan bisnis di rumah atau tempat lainnya. Tidak perlu menyediakan modal yang besar untuk menyewa sebuah toko, cukup foto produk yang ingin dijual dan upload foto tersebut ke sosial media yang digunakan untuk menjual produk, disertai dengan caption harga yang ditawarkan. Anda sudah mampu menjangkau pangsa pasar yang cakupannya lebih luas dibandingkan dengan cara yang konvensional.

  • Fleksibel

Kelebihan lainnya yaitu bahwa kegiatan bisnis tidak memerlukan tempat dan waktu yang pasti. Waktu dan tempat fleksibel asalkan didukung dengan daya koneksi intenet saja.

  • Variasi Bisnis

Ketika melakukan bisnis online, Anda bisa menjalankan beberapa variasi bisnis yang berbeda dalam satu waktu. Bukan tidak mungkin untuk menjalankannya secara bersamaan, asalkan Anda konsisten dengan apa yang sudah dipilih maka bisnis Anda akan berjalan dengan baik.

  • Mudah Memonitirisasi

Kemudahan lainnya yaitu berkaitan dengan monitorisasi. Terdapat fitur untuk memonitorisasi perkembangan bisnis Anda, apakah barang sudah sampai ke tangan konsumen atau belum, kesemuanya dapat Anda monitor dengan mudah. Tidak perlu turun ke lapangan, cukup buka aplikasi pendukungnya saja Anda sudah bisa melakukan pekerjaan dengan baik.

  • Dapat Dikerjakan Siapapun

Bisnis online dapat dilakukan oleh siapapun, asalkan mempunyai komitmen dalam menjalankan bisnis tersebut. Tidak mengenal batasan apapun, baik remaja, dewasa, sekolah, bekerja, ibu rumah tangga, semuanya bisa menjalankan bisnis online.

Kekurangan Bisnis Online

Selain kelebihan, terdapat beberapa kekurangan yang bisa Anda hadapi ketika memutuskan untuk melakukan bisnis online. Berikut beberapa kekurangan bisnis online tanpa modal, diantaranya.

  • Butuh Skill dan Pengetahuan yang Cukup

Bisnis online membutuhkan keterkaitan degan pihak pendukung lainnya agar berjalan sebagaimana mestinya, seperti pihak bank, jasa pengantar barang, dan sebagainya. Hal tersebut mendasari bahwa pelaksanaan bisnis online juga membutuhkan skill dan pengetahuan yang cukup mengenai jaringan marketing.

  • Persaingan yang Ketat

Banyaknya masyarakat yang menggunakan bisnis online untuk memperlancar usahanya tentunya menimbulkan persaingan yang ketat. Disini Anda dituntut untuk kreatif dan inovatif agar produk Anda bisa tetap eksis di tengah persaingan bisnis yang ketat.

  • Jaringan Internet yang Tidak Merata

Cakupan internet yang belum merata dan stabil menjadi faktor penghambat pelaksanaan bisnis online. Meskipun sasaran pangsa pasarnya jauh lebih luas dari bisnis konvensional, tetap saja faktor pendukung berupa koneksi internet ternyata juga berpengaruh cukup signifikan.

  • Maraknya Penipuan

Cybercrime masih merajalela di dunia maya, tidak terkecuali dalam dunia bisnis. Bisnis online terkadang juga masih ditemui adanya fenomena tersebut. Sistem pembayaran atau transfer dimuka terkadang dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab untuk meraup untung yang sebesar-besarnya.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan pelaksanaan bisnis online tanpa modal yang perlu Anda perhatikan. Usahakan untuk mempersiapkan perencanaan sematang mungkin sebelum mulai membuka usaha online. Semoga bermanfaat.

author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply