header 728 x 90 3

Cara Mensiasati Usaha Dengan Modal Sedikit

Keinginan yang besar kadang tidak dibarengi dengan kemampuan yang besar pula. Itulah kini hal yang dihadapi oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Keinginan mereka ingin memulai sebuah usaha kadang bisa terhambat karena modal yang belum mencukupi. Untuk mensiasati usaha dengan modal sedikit maka ada beberapa langkah yang harus dilakukan.

  • Gunakan sistem uang muka

jaminan-uang-mukaBagi mereka yang ingin melakukan transaksi penjualan namun tidak memiliki dana yang cukup, maka mintalah pada pembeli untuk membayar sebagian dari total pembelian atau yang lebih dikenal dengan Uang Muka. Cara ini biasanya dilakukan oleh mereka yang bergelut dibidang percetakan. Harga cetak seperti brosur lumayan cukup besar modal awalnya sehingga penyedia jasanya harus menggunakan cara tersebut minimal untuk mengurangi resiko kekurangan dana. Setelah barang sudah beres, barulah pembeli membayar sisanya. Dengan demikian Anda sebagai penjual bisa mensiasati usaha dengan modal sedikit tersebut.

  • Lakukan sistem dropship

sistem-dropshipBagi mereka yang berbisnis secara online baik via media sosial ataupun via grup di BBM dan Whatsapp, maka untuk mensiasati kekurangan dana adalah dengan menunggu terlebih dahulu transferan atau pembayaran dari konsumen. Setelah itu baru Anda bayar pada produsen tersebut beserta ongkos kirimnya atau yang lebih akrab dikenal dengan istilah Dropship. Sistem ini malah bisa memungkinkan bagi Anda yang tidak memiliki modal sama sekali berupa uang. Yang terpenting adalah koneksi internet dan kelengkapan komunikasi seperti handphone yang kini berharga cukup murah.

  • Cari supplier dengan harga lebih murah

Dengan modal yang sedikit tentunya membuat harus memutar otak mencari supplier termurah akan produk yang Anda jual. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mencari informasi di internet dan mencari harga yang lebih murah dan terjamin keasliannya. Dengan demikian sedikitnya modal yang cukup besar bisa dikurangi.

  • Gunakan media promosi gratis

pasang-iklan-gratisJika diluar sana untuk mempromosikan sebuah usaha harus mengeluarkan uang, maka carilah promosi yang gratis alias tidak menggunakan uang. Anda bisa menggunakan teman sebagai pengiklan atau bekerjasama dengan instansi lain untuk membuat sistem bagi hasil jika orang yang ada disana membeli produk yang Anda jual.

Cukup mudah memang mencari cara untuk mensiasati usaha dengan modal sedikit. Yang terpenting adalah jangan berputus asa dan lakukan dengan modal seadanya tanpa harus berhutang untuk membuka usaha yang belum pasti perkembangannya.

Tags:
author

Author: 

Related Posts