header 728 x 90 3

Usaha Dengan Modal Kecil Tapi Menjanjikan

Modal adalah faktor yang bisa menghambat gerak langkah seseorang untuk memulai usaha. Ada 2 cara untuk mengatasinya. Cara yang pertama yaitu dengan meminjam modal orang lain atau mencari investor bagi usaha tersebut. Agar cara yang pertama ini lancar, Anda harus memperbanyak jaringan pertemanan dengan berbagai kalangan lalu meyakinkan orang-orang tersebut untuk menanamkan modalnya. Cara yang kedua adalah dengan memilih jenis usaha yang hanya membutuhkan modal kecil. Berikut kami uraikan jenis usaha dengan modal kecil tapi menjanjikan perbaikan finansial.

  • Menjual makanan hasil olahan sendiri

singkongkejuAda perbedaan harga yang sangat signifikan antara harga jual bahan makanan yang belum diolah dengan bahan makanan yang sudah diolah. Pengolahan bahan makanan meningkatkan nilai jual makanan tersebut. Sebagai contoh singkong mentah yang diolah menjadi singkong keju maka harga jualnya menjadi lebih tinggi. Pilihlah bahan makanan yang stoknya banyak, tidak mengenal musim dan harganya murah. Setelah itu olah menjadi panganan dengan citarasa tinggi yang membuat pembeli ketagihan untuk kembali mengkonsumsi produk olahan Anda tersebut.

  • Menjual jasa keahlian yang Anda miliki

jasa pijatUsaha jual jasa adalah usaha yang umumnya tidak memerlukan modal berupa uang sama sekali. Contoh jasa yang bisa ditawarkan diantaranya jasa antar jemput, jasa pengetikan, jasa pijat, jasa pendidikan (les privat) dan lain-lain. Promosi bisa dilakukan lewat mulut ke mulut atau memasang iklan melalui media sosial. Hal penting yang harus diperhatikan jika Anda menggeluti bidang usaha jasa adalah kepercayaan pelanggan yang harus tetap dijaga. Jika sekali saja pelanggan tidak puas, akan menjadi boomerang merosotnya usaha ini. Karena berita ketidakpuasan salah satu pelanggan akan cepat tersebar dan menurunkan tingkat kepercayaan para pelanggan lain untuk berlangganan jasa Anda.

  • Menjual hasil tanaman budidaya

peluang-usaha-budidaya-tanaman-hiasNegeri Indonesia yang tanahnya subur menjanjikan bibit-bibit tanaman untuk segera tumbuh dengan cepat. Jika Anda tidak mempunyai lahan yang luas, tanaman budidaya tersebut dapat ditanam pada polybag atau tabulampot. Usaha yang biasanya berawal dari hobi ini cukup murah karena bahan-bahan yang diperlukan sudah sebagian besar disediakan oleh alam.

Dengan pembahasan tersebut diharapkan langkah usaha Anda tidak lagi terhambat dengan ketiadaan modal yang besar. Usaha dengan modal kecil tapi menjanjikan masih banyak di luar sana. Segeralah ambil langkah untuk memulai usaha dan jangan sampai kesuksesan ekonomi hanya sebagai angan-angan belaka.

 

Tags:
author

Author: 

Related Posts