header 728 x 90 3

Usaha Kecil Yang Menjanjikan Dan Hambatannya

Dari sekian banyak pelaku bisnis atau usaha di Indonesia merupakan mereka yang bergelut dalam usaha skala kecil. Hal tersebut memang dipengaruhi beberapa faktor, baik dari modal maupun kesiapan dalam memulai sebuah usaha. Banyak dari mereka yang awalnya ingin memulai usaha kecil yang menjanjikan, namun hal tersebut tidak sepenuhnya berjalan dengan mulus. Ada beberapa hal yang menjadi penghambat dalam usaha tersebut. Bagi Anda yang ingin mengetahuinya secara jelas, kami berikan contoh usaha dan hambatannya.

  • Buka warung kecil-kecilan

warung kecil-kecilanMemulai sebuah usaha tentu harus melihat peluang yang ada. Biasanya peluang yang menjanjikan penghasilan yang mencukupi kebutuhan adalah membuka warung. Sering kita lihat ada banyak warung yang dibuka di halaman atau bagian ruang rumahnya. Hal tersebut bisa Anda jadikan sebuah panduan untuk memulai sebuah usaha kecil yang menjanjikan. Selain karena biaya untuk memulainya terbilang cukup terjangkau atau dalam skala kecil, barang yang dijajakannya pun merupakan barang yang setiap hari dibutuhkan oleh masyarakat terutama di daerah sekitar tempat tinggal tersebut. Sehingga setiap harinya warung tidak akan selalu sepi tanpa pembeli. Namun usaha tersebut tidak selalu berjalan dengan mulus. Ada hambatan yang cukup membuat usaha tersebut bisa terhenti dalam sekejap dan sulit untuk memulainya kembali. Hambatan tersebut yaitu adanya konsumen yang mengutang sehingga modal yang harusnya terus bergulir, terhambat dan akhirnya keuntungan yang diharapkan justru ikut hilang.

  • Bisnis setting dan jasa ketik

jasa pengetikanKebutuhan akan arsip berupa lembaran kertas yang telah diprint menjadikan peluang jasa ketik secara komputerisasi sebagai peluang yang menjanjikan. Beberapa instansi seperti sekolahan atau pegawai desa yang tidak memiliki waktu dan keahlian dalam mengetik bisa mewakilkan tugas tersebut pada mereka yang bergelut dalam usaha jasa ketik. Para pelaku jasa ketik pun biasanya menggabungkan keahliannya dengan menerima jasa setting atau membuat gambar dan desain yang nantinya bisa dicetak baik pada bahan spanduk ataupun media kertas seperti brosur. Usaha kecil yang menjanjikan ini hanya butuh seperangkat komputer dan keahlian mengetik atau mendesain sehingga cukup bisa dilakukan saat ini juga. Namun hambatan yang biasa dihadapi adalah printer atau komputer yang kadang tiba-tiba rusak dan memerlukan perbaikan. Selain itu kemampuan mengetik dan mendesain kadang kurang dikembangkan.

Itulah beberapa hambatan dan contoh dari usaha kecil yang menjanjikan. Gali terus kemampuan Anda untuk dapat memulai sebuah usaha tanpa harus bermodal besar namun menghasilkan pendapatan yang lumayan.

Tags:
author

Author: 

Related Posts