header 728 x 90 3

8 Macam Bisnis yang Menguntungkan Bagi Mahasiswa

 


8 Macam Bisnis yang Menguntungkan Bagi Mahasiswa
Kebutuhan manusia yang tidak terbatas ternyata tidak diimbangi dengan pemenuhan alat pemuas kebutuhan. Dilema tersebut sudah sering kita dengar di dalam pelajaran ekonomi. Demi memenuhi keinginan tersebut, maka kita diharuskan untuk bekerja agar dapat membeli beberapa faktor produksi yang belum dapat di penuhi. Namun, nyatanya tidak semua bisnis atau usaha tersebut sesuai dengan alokasi waktu yang kita tentukan. Hal tersebut biasanya dapat kita temui dalam kehidupan mahasiswa.

Kebutuhan akademis yang kian mendesak membuat mahasiswa terkadang harus memutar otak untuk mendapatkan uang saku tambahan. Namun, ketidaksesuaian antara jadwal kuliah yang padat dengan info lowongan pekerjaan yang menginginkan pekerjaan fulltime menjadi dilema bagi mahasiswa. Untuk itu kami sajikan beberapa macam bisnis yang menguntungkan bagi mahasiswa tanpa perlu ribet memikirkan waktu kerja yang tepat, karena semua bisnis tersebut dapat menyesuaikan waktu kita. Apa saja?

Beberapa Macam Bisnis yang Sesuai Bagi Mahasiswa

Meskipun waktu yang tersedia hanya pas-pasan, ternyata masih terdapat beberapa macam bisnis yang menguntungkan bagi mahasiswa. Perlu untuk dicoba bagi Anda yang tengah mendalami studi di perguruan tinggi untuk menambah jumlah uang saku, ya.

  • Jual Aneka Snack di Kelas

Ketika perut mulai keroncongan ditengah rutinitas yang padat dikelas, terkadang membuat mahasiswa malas untuk pergi keluar. Alhasil perut menjadi keroncongan dan daya konsentrasi mahasiswa menurun. Inilah peluang bagi Anda sesama mahasiswa untuk dapat membantu teman seperjuangan. Anda bisa menjual aneka macam snack atau makanan ringan untuk “mengganjal” perut yang sedang keroncongan atau sekedar untuk camilan. Sesuaikan dengan harganya ya, jika harganya bersahabat ditambah dengan visual produk yang terlihat “wah”, maka dijamin dagangan Anda akan laris manis.

  • Bisnis Online

Tidak hanya ibu rumah tangga saja, mahasiswa juga bisa mencoba untuk melakukan bisnis online. Pilihan bagi sebagian besar mahasiswa yaitu dengan sistem reseller karena minim risiko dan modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar.

  • Penulis Lepas

Menjadi seorang freelancer sebuah website atau media cetak menjadi sebuah pilihan bisnis yang menguntungkan bagi mahasiswa. Selain waktu yang dibutuhkan juga bisa menyesuaikan, fleksibilitas lainnya juga menjadi poin pertimbangan bagi kalangan mahasiswa.

  • Blogger, Youtuber, atau Instagrammer

Nyatanya digitalisasi tidak selamanya membawa pengaruh buruk. Sisi lain yang bisa diambil manfaatnya yaitu melalui pemanfaatan beberapa sosial media seperti blog, youtube, dan instagram menjadi tempat peluang bisnis bagi kalangan mahasiswa. Anda bisa memanfaatkan blog menjadi lahan bisnis Anda, misalkan dengan memanfaatkan blog sebagai media untuk memasarkan bisnis Anda, melakukan review atas tulisan orang lain atau sebagainya. Di samping itu, Anda juga bisa menjadi youtuber dengan mengunggah beberapa video tutorial atau cover lagu, jika jumlah pengunjung youtube Anda banyak, maka keuntungan yang didapat juga banyak. Hal serupa juga berlaku bagi instagram, Anda bisa melakukan endorse untuk suatu produk dengan nominal penghasilan tertentu atas jumlah endorse yang sudah terlaksana.

  • Fotografer

Mempunyai keahlian lebih di bidang fotografi menjadi nilai tambah yang dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah. Anda bisa megoptimalkan keahlilan tersebut dengan ikut serta suatu event yang diadakan oleh Event Organizier (EO).

  • Programmer

Saat ini jumlah programmer yang dibutuhkan semakin hari semakin meningkat. Hal ini bisa Anda manfatkan jika memang mempunyai passion di bidang IT. Selain waktu yang fleksibel, jumlah fee yang ditawarkan juga cukup lumayan, lho.

  • Jual Salad Buah

Kesibukan mahasiswa menjadi peluang Anda untuk mencari celah usaha yang bisa Anda manfaatkan. Usaha salad buah salah satunya, dengan kisaran harga yang sesuai dengan budget mahasiswa Anda bisa menjual salad buah di kelas atau melalui sistem Delivery Order.

  • Usaha Roti Bakar atau Martabak dengan Gerobak

Malam merupakan waktu luang terlama bagi mahasiswa. Inilah peluang bagi Anda untuk mencoba menjajakan dagangan yang mengenyangkan dan murah. Roti bakar atau martabak adalah salah satunya. Meski berat di awal yaitu berupa penyediaan gerobak sebagai investasi modal, namun kedepannya Anda tidak perlu membutuhkan modal lebih. Jenis usaha ini biasanya menjadi pilihan mahasiswa karena menu tersebut sendiri merupakan menu andalan mahasiswa ketika lapar tengah malam.

Terdapat berbagai macam jenis usaha lainnya yang cocok diaplikasikan oleh mahasiswa untuk menambah jumlah uang saku mereka. Namun, setidaknya kedelapan usaha tersebut dapat menjadi alternatif pilihan bisnis yang menguntungkan bagi mahasiswa. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menjadi referensi bagi Anda yang sedang bingung menentukan jenis usaha yang cocok.

author

Author: 

Related Posts