header 728 x 90 3

Cara Membangun Mentalitas Entrepreneur

Anda tentu pernah mendengar istilah owner atau pemilik perusahaan perseorangan, banyak para owner pada mulanya merintis usaha mereka dari nol bahkan banyak diantara mereka yang awalnya tidak punya modal berupa uang atau punya modal uang hanya sedikit sekali bisa dibilang kalau untuk dipakai membangun usaha kayaknya kurang, tapi ternyata mereka bisa menciptakan dan menjalankan usaha sampai akhirnya berkembang menjadi besar dan mereka adalah orang-orang sukses. Kalau kita mau merenung mereka para owner atau pengusaha sukses bisa berdiri sendiri bahkan dari tanpa modal uang padahal Anda tahu setiap usaha pasti membutuhkan modal, lalu apa yang mereka punya untuk mereka jadikan modal agar sukses?.
Entrepreneur atau wirausahawan pada hakikatnya adalah merupakan kesatuan dari semangat nilai, prinsip, kemampuan dan seni yang digunakan dalam mengembangkan usaha atau kegiatan lain untuk memberikan pelayanan terbaik. Niat baik untuk berusaha dan memberi, cita-cita, prinsip atau keyakinan yang membaja pada diri mereka, dipadu dengan teknik-teknik dan strategi untuk menciptakan usaha baru dan mengembangkan pemasaran dan akhirnya berorientasi pada pelayanan dan kepuasan konsumen telah menjadikan mereka entrepreneur atau wirausahawan yang mandiri. Mereka mampu berdiri di atas kaki sendiri ditengah keterpurukan dan tantangan hidup yang sulit.
mentalitas entrepreneurEntrepreneur bukan hanya para pengusaha, tapi siapa pun orang yang mau menangkap peluang, berinovasi dan menciptakan nilai tambah dialah seorang entrepreneur. Seorang pengusaha, pedagang, petani, karyawan atau lainnya yang berusaha untuk berinovasi dan menciptakan nilai tambah dalam pekerjaannya seperti berupaya menjaga dan meningkatkan kualitas pekerjaannya agar lebih efektif dan efisien, mereka adalah seorang entrepreneur. Anda bisa menjadi bagian dari mereka, menjadi entrepreneur yang sukses.
Anda dapat membangun mentalitas entrepreneur dimulai dari diri sendiri, dengan keyakinan bahwa segala yang ada pada diri Anda adalah modal dasar untuk maju, walaupun saat ini belum punya modal berupa uang tapi sebagai seorang entrepreneur Anda sadar dan percaya bahwa Anda bisa menghasilkan tujuan Anda dengan potensi yang ada saat ini. Anda hanya perlu percaya dan selalu optimis dengan komitmen dan kebulatan tekad bahwa Anda bisa sukses. Selanjutnya menggali nilai-nilai positif, pengalaman-pengalaman sukses masa lalu dan diselaraskan dengan peluang-peluang yang ada bisa menciptakan hal-hal baru untuk dijadikan profit. Misalnya Anda pernah sukses bekerja pada suatu perusahaan, anda pernah berdagang produk tertentu, pernah dipercaya untuk tugas besar dan lainnya dapat digali untuk mencari peluang dari kisah sukses Anda dimasa lalu, lalu lihatlah ke depan apa yang bisa Anda ciptakan dari pengalaman dan kondisi Anda sekarang agar bisa sukses dimasa depan, 5 tahun kedepan atau 10 tahun kedepan, Anda lihat tren yang berkembang sekarang, anda cari informasi apa yang akan berkembang selanjutnya. Dari sana Anda dapat berinovasi menciptakan produk atau teknik-teknik, atau jasa-jasa yang kreatif dan Anda yakini akan bermanfaat dan diminati banyak orang.
Hal yang terpenting sekarang sebagai seorang entrepreneur adalah mulailah melangkah walaupun belum ahli. Setiap orang mempunyai keadaan yang berbeda namun setiap individu pasti punya cirikhas yang orang lain belum tentu punya, itulah nilai tambah Anda, keorsinilan Anda dan daya pembeda Anda dari orang lain yang perlu dibangun dan terus dikembangkan dengan sungguh-sungguh setahap demi setahap sampai sukses.
Nilai hakiki yang penting dari sikap seorang entrepreneur adalah kepemimpinan. Dengan mengembangkan nilai dan mengasah kemampuan untuk menjadi pemimpin yang unggul bisa diarahkan untuk mencapai cita-cita dan tujuan Anda dan menjadi teladan bagi yang lainnya.

Tags:
author

Author: 

Related Posts