header 728 x 90 3

Cara Memulai Bisnis Dari Nol

memulai bisnisBanyak orang sukses menjalankan usaha dari nol, sebagian lagi kebingungan untuk memulai usaha, apalagi di jaman sekarang harus memiliki modal yang cukup untuk menjalankan sebuah usaha, modal awal diperlukan untuk menyewa tempat usaha terutama tempat di pinggir jalan atau sewa toko di tempat perbelanjaan harganya lumayan, belum lagi modal untuk memproduksi atau membeli barang dagangan, kalau dijumlahkan nilainya tidak kecil, sementara Anda saat ini belum mempunyai modal, atau punya modal tapi belum mencukupi untuk membuka sebuah usaha. Sebenarnya banyak pengusaha yang sukses menjalankan bisnis dari nol, mereka tidak memiliki modal, tapi mereka punya kemauan yang kuat untuk maju, mereka mencari cara supaya bisa meraihnya dan dengan kreatifitas dan keuletan mereka mendapatkan kesuksesan. Memang benar sukses tidak bisa hanya digambarkan dengan kata – kata, seseorang perlu membuktikan kesuksesan itu, tapi dengan menguasai langkah demi langkah menuju sukses seseorang mempunyai pedoman dan bisa mengontrol posisinya agar dapat di evaluasi dan melakukan langkah selanjutnya.

Memulai Bisnis dari Niat Baik dan Cita-Cita

Modal pertama yang harus dimiliki seorang pebisnis adalah niat baik dan cita ñ cita. Niat baik menggambarkan kemauan yang hendak dijalankan disertai kesiapan untuk memulai usahanya. Cita-cita menggambarkan kesuksesan dimasa depan yang diinginkan dan akan dicapai dimulai dari sekarang. Cita-cita sangat penting untuk membawa perjalanan Anda ke arah yang diimpikan. Mulailah berniat di dalam hati bahwa Anda akan berusaha untuk mencapai kesuksesan dan mulailah menentukan cita-cita Anda, apa yang akan Anda capai pada 5 tahun atau 10 tahun yang akan datang. Keyakinan yang penuh terhadap sesuatu akan membimbing dan mendorong sesuatu itu terjadi.

Memilih Bentuk Usaha
Usaha apa yang akan Anda tekuni?, banyak jenis usaha yang bisa mulai dijalankan walaupun Anda tidak memiliki modal berupa uang. Tentukan dulu pekerjaan apa yang anda senangi, apakah bidang yang saat ini sudah Anda kuasai atau bidang baru yang memang benar ñ benar Anda inginkan walaupun Anda belum ahli. Tidak menjadi soal baik bidang yang dikuasai, atau yang disukai sebagai hobi, atau yang belum dikuasai yang penting apa yang Anda mau terjunlah di bidang itu. Bentuk usaha yang bisa dijalankan bisa usaha bidang makanan dari mulai penjualan bahan makanan sampai produksi atau penjualan makanan siap saji bisa juga membuka jasa penyediaan makanan (catering) dengan menjualkan dari toko roti misalnya, atau usaha bidang pakaian dari mulai penyediaan bahan pakaian sampai produksi atau menjual pakaian jadi serta aksesorisnya, usaha bidang perumahan bisa jual ñ beli rumah, kontrakan, ataupun jasa menjualkan rumah , pendidikan, pariwisata dan hiburan, memproduksi atau menjual alat ñ alat dan lainnya. Kalau Anda mau di dunia maya banyak yang menawarkan jasa yang bisa dikerjakan dengan bayaran dimuka, atau jasa lain seperti jasa penulisan misalnya menjadi penulis konten untuk mengisi website dan lainnya. Bidang usaha yang bisa dijalankan sangat banyak, carilah informasi dan Anda tentukan usaha apa yang akan dijalankan.

Memilih tempat usaha
Tempat usaha yang cocok dapat diusahakan dengan cara menyewanya seperti ada toko yang disewakan dipinggir jalan raya, atau toko di pusat perbelanjaan. Menjajakan barang dagangan ke tempat pembeli tidak memerlukan tempat usaha, sama halnya dengan menjual barang atau jasa di dunia maya tidak memerlukan tempat khusus di warnet pun jadi.

Pemasaran
marketing memulai bisnisSetelah menetukan jenis usaha dan tempat usaha, Anda tinggal tentukan bagaimana memasarkannya; bila Anda mempunyai produk baik barang atau jasa, Anda tetapkan harganya, Anda mempunyai lokasi atau alamat email, blog dan sebagainya, atau telepon yang bisa dihubungi, lalu Anda promosikan kepada calon pembeli maka Anda telah mulai melangkah dalam pemasaran. Selanjutnya tinggal Anda tetapkan calon pembeli (segmen pasar), dan yakinkan mereka agar mau membeli dan terus membeli kepada Anda.
Merekrut karyawan dan Mengelola karyawan
Usaha kecil kelihatannya belum membutuhkan karyawan. Tetapi pengusaha yang sukses sudah mempersiapkan struktur untuk menjadi besar. Anda tentukan beberapa posisi yang Anda butuhkan untuk membantu usaha Anda. Dengan begitu Anda akan mengupayakan bisnis Anda untuk makin maju dan makin besar.

Promosi usaha
Promosi adalah nyawa sebuah usaha. Anda dapat mempromosikan usaha Anda kepada teman, orang-orang dilingkungan Anda, melalui iklan, atau promosi di dunia maya melalui email, facebook, blog, mailinglist (milis), website, Adsense atau memanfaatkan layanan iklan gratis di internet dan lainnya. Kalau hendak bertransaksi di dunia maya promosi dimaksudkan untuk menjelaskan kepada calon pembeli jenis produk atau jasa yang Anda jual lengkap dengan spesifikasinya, foto dan keterangan lain sangat membantu, karena Anda tidak bertemu langsung dengan calon pembeli. Modal utamanya adalah kepercayaan, niat baik dan kejujuran. Dengan demikian pembeli walaupun tidak bertatap muka akan merasa puas dan diharapkan akan membeli kembali kepada Anda (repeat order).

Mengelola keuangan
Langkah yang penting Anda lakukan adalah menyediakan sarana transaksi dengan konsumen seperti nomor rekening bank, serta untuk usaha Anda buatlah catatan keuangan sederhana yang mudah difahami untuk mengontrol pendapatan Anda dan keputusan lain yang akan di ambil.

Mengontrol usaha
Setelah usaha berkembang dan memiliki banyak karyawan, seorang owner dapat melakukan kontrol usaha dengan mengontrol seorang managernya atau direkturnya saja, sehingga waktunya tidak banyak tersita, ia bisa melakukan apa saja yang ia senangi sementara usahanya berjalan dan ia tinggal mengontrolnya saja.

Tags:

Rate this article!

author

Author: 

Related Posts