header 728 x 90 3

Tantangan dan Peluang Usaha Rumahan di Era Disruption

peluang usaha rumahanDisruption dapat diartikan sebagai suatu perubahan di masa depan yang dihadirkan di masa kini. Disruption dapat menyangkut berbagai aspek, salah satunya yaitu kegiatan ekonomi. Setidaknya terdapat tiga hal yang menjadi perhatian ketika terjadi disruption dalam kegiatan ekonomi. Pertama, produk/jasa yang ditawarkan harus lebih baik dari produk-produk yang ditawarkan sebelumnya. Kedua, harga yang ditawarkan harus lebih murah dibandingkan dengan produk-produk pendahulunya. Ketiga, akses mendapatkan produk tersebut harus lebih mudah dari sebelumnya.

Jika dilihat dari karakteristik disruption di era digital saat ini, dapat terlihat bahwa seorang pengusaha harus mampu dan mau untuk mengikuti arus modernisasi. Bagi yang enggan mengikuti kemajuan dan tetap menjalankan bisnisnya secara konvensional maka harus bersiap-siap menanggung risiko yang terjadi. Dengan demikian, bagaimana peluang usaha rumahan menindaklanjuti adanya disruption tersebut?

Tantangan, Peluang, dan Rencana Strategis Usaha Rumahan

Menyikapi adanya disruption di era digital tersebut, usaha rumahan memiliki beberapa peluang dan juga tantangan yang harus dihadapi. Untuk menjaga eksistensinya diperlukan suatu rencana strategis agar dapat bersaing dengan usaha lainnya yang serupa. Berikut beberapa peluang usaha rumahan, tantangan dan langkah-langkah yang harus diambil oleh para pelaku usaha rumahan.

 

  • Peluang Usaha Rumahan di Era Digital

 

Terdapat beberapa peluang usaha rumahan yang dapat dimanfaatkan oleh pemilik usaha meskipun terjadi disruption, diantaranya.

  1. Karena sifat usahanya yang masih bermodal kecil, maka usaha rumahan tidak terlalu terkena dampaknya akibat adanya disruption. Cukup membuka warung atau toko dengan memanfaatkan lahan atau garasi rumah yang kosong Anda sudah bisa memulai usaha. Sifatnya yang kecil inilah menjadikan usaha rumahan tidak terlalu terkena imbas adanya disruption.
  2. Bagi yang mempunyai skala lebih besar bisa memulai promosi dagangannya melalui website atau media sosial yang dimiliki. Dengan adanya digitalisasi transaksi maka produk Anda akan mudah dikenal oleh masyarakat, selain itu segmentasi pasar juga lebih mudah dilakukan.
  3. Adanya fasilitas marketplace yang disediakan oleh beberapa penyedia platform mampu dijadikan sebagai tempat untuk memperluas usaha tersebut. Sebut saja lazada, tokopedia dapat Anda jadikan tempat untuk memperluas usaha Anda. Bagi Anda yang mempunyai usaha makananan rumahan, namun terhalang oleh modal untuk membukan kios atau warung. Aplikasi madhang.id dapat dipergunakan untuk sarana promosi dan menjual dagangan Anda dengan cakupan pangsa pasar yang luas tanpa mengeluarkan modal yang cukup berarti.  

 

  • Tantangan Usaha Rumahan Menyikapi Adanya Disruption

 

Meskipun era digital membawa beberapa peluang, di lain sisi adanya disruption juga membawa beberapa tantangan yang harus dihadapi oleh pemilik usaha rumahan. Tantangan tersebut diantaranya.

  1. Dengan beragam fasilitas dan kemudahan akses yang ditawarkan, pemilik usaha dituntut untuk dapat “bermain harga” agar dapat bersaing dengan usaha sejenis atau yang lainnya.
  2. Harus dapat menawarkan sisi unik dan juga kreatif atas usaha yang sudah dirintisnya tersebut. Selain itu juga harus mampu dan mau untuk mengikuti arus modernisasi.

 

  • Langkah Strategis Usaha Rumahan Untuk Menjaga Eksistensinya

 

Untuk tetap mempertahankan eksistensinya, maka usaha rumahan harus menyiapkan beberapa rencana strategis yang harus dilakukan.

  1. Jika memiliki lahan kosong atau rumah yang ditempati berada di wilayah yang strategis (dekat kampus, misalnya), maka Anda harus membuat usaha yang sesuai dengan pangsa pasar yang ingin Anda tuju. Anda bisa membuat usaha warung makan, menyewakan kamar atau lain sebagainya.
  2. Persaingan tentu sudah tidak dapat terelakkan dalam dunia bisnis. Untuk itu, Anda harus menyiapkan beberapa ide kreatif agar dapat bersaing dengan usaha yang serupa.
  3. Jangan memaksakan diri untuk memperluas usaha ketika modal tidak terlalu mencukupi. Cukup perkuat manajemen promosinya saja, Anda bisa secara perlahan memperluas usaha Anda.

Demikianlah beberapa peluang usaha rumahan, tantangan, serta langkah strategis yang harus diambil oleh para pelaku usaha rumahan agar tetap eksis di era disruption. Jika Anda mempunyai usaha rumahan, pastikan untuk merencanakan serta memperhitungkan setiap langkah yang Anda ambil untuk mempertahankan usaha yang Anda rintis. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat bagi Anda yang tengah atau akan menjalani usaha rumahan di era digital.

author

Author: 

Related Posts