header 728 x 90 3

Adakah Lowongan Kerja Part Time Untuk Mahasiswa?

lowongan kerja part timeBagi Anda para mahasiswa yang ingin menambah uang saku tanpa perlu meninggalkan materi perkuliahan atau cuti, kami referensikan untuk mencoba pekerjaan sambilan di saat ada waktu senggang. Namun, minimnya informasi yang disediakan situs penyedia jasa lowongan kerja mengenai lowongan kerja part time terkadang menjadi hambatan tercapainya keinginan tersebut. Untuk itu, kami menyediakan informasi mengenai lowongan kerja part time yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Referensi Kerja Paruh Waktu Bagi Mahasiswa

Referensi terkait kerja paruh waktu sangat minim didapatkan, terutama yang cocok bagi mahasiswa. Rutinitas kampus yang menyita waktu terkadang sulit pula disesuaikan dengan jadwal kerja yang menuntut fulltime. Untuk menghindari tumpang-tindihnya kegiatan dalam satu waktu, berikut terdapat beberapa pekerjaan yang cocok bagi mahasiswa.

1. Penulis Lepas

Menjadi seorang freelancer di sebuah perusahaan website kecantikan, website karir atau yang lainnya menjadi alternatif pilihan untuk mengisi waktu luang. Selain pelaksanaannya bisa menyesuaikan jadwal kita, pekerjaan tersebut juga memerlukan modal yang berarti. Cukup sediakan laptop dan koneksi internet saja.

2. Guru Les Privat

Menjadi tutor SD, SMP, atau SMA merupakan pilihan pekerjaan sambilan yang cocok bagi mahasiswa. Selain bisa memperkuat ilmu yang kita peroleh, kita juga bisa mendapat fee atas kinerja kita sebagai guru privat.

3. Penjaga Toko/Butik

Toko-toko kecil/kelontong atau butik biasanya membutuhkan tenaga seorang mahasiswa untuk menjaganya. Selain waktunya yang bisa menyesuaikan jadwal kuliah, menjadi penjaga toko juga tidak memerlukan keahlian khusus. Jadi, cocok bagi mahasiswa yang ingin menambah uang saku per bulannya atau sekedar untuk mengisi waktu luang.

4. Bisnis Online (Olshop)

Generasi milenial tentu sudah tidak asing lagi dengan penggunaan media berbasis teknologi. Anda juga bisa mengoptimalkan android serta sosial media yang dimiliki untuk melakukan jual beli (bisnis online), baik sebagai reseller maupun merintis bisnis sendiri. Selain mudah dilakukan, waktunya juga fleksibel sehingga tidak mengganggu rutinitas kuliah sehari-hari.

5. Waiter

Menjamurnyakafe atau restoran di sekitar kampus bisa menjadi peluang karir bagi mahasiswa. Biasanya akan banyak terpasang info mengenai lowongan kerja part time menjadi seorang waiters. Anda bisa memanfaatkan lowongan tersebut, selain sifat kerjanya yang tidak membutuhkan keahlian khusus, jadwal yang bisa menyesuaikan, disertaijam kerja yang tidak terlalu lama menjadikan pekerjaan tersebut cocok bagi kalangan mahasiswa.

6. Pemandau Wisata

Menjadi tour guide suatu EO (Event Organizier) atau suatu penyedia jasa wisata dapat menjadi pilihan jika jumlah kredit semester yang diambil sudah tidak terlalu banyak. Sifatnya yang membutuhkan waktu lebih dari satu hari menjadikan jenis pekerjaan ini cocok bagi mahasiswa semester akhir yang sudah menyelesaikan tugas akhir atau sedang menunggu wisuda.

Tips Manajemen Waktu Bagi Mahasiswa Part Timer

Terdapat beberapa tips pentingnya memanage waktu yang perlu diperhatikan bagi mahasiswa yang menginginkan untuk melakukan kerja paruh waktu, agar terhindar dari segala bentuk problematika.

  1. Buat rencana strategik mengenai kegiatan per hari, meliputi jadwal untuk belajar, jadwal istirahat, jadwal kerja serta jadwal untuk agenda atau kegiatan lainnya. Usahakan untuk selalu konsisten dengan jadwal yang sudah dibuat.
  2. Jangan mencoba untuk multitasking atau melakukan beberapa hal dalam satu waktu. Sekilas memang terkesan cepat selesai, padahal cara tersebut tidaklah efektif.
  3. Jika Anda tidak menginginkan pekerjaan part time yang terlalu berat, carilah pekerjaan paruh waktu online. Hal tersebut dapat mengurangi penggunaan waktu Anda karena dapat dikerjakan secara bebas tanpa terikat waktu.
  4. Hal terpenting yang perlu diperhatikan yaitu kesehatan. Jika Anda memutuskan untuk melakukan kerja part time, berarti Anda harus siap untuk memerhatikan kesehatan Anda. Padatnya kegiatan yang harus dilakukan menuntut Anda untuk mempunyai tubuh yang fit.

Demikianlah beberapa referensi mengenai pekerjaan paruh waktu yang cocok bagi mahasiswa disertai tips yang perlu diperhatikan. Jika saat ini Anda sudah mulai mencari info lowongan kerja part time, perhatikan hal-hal yang sudah disebutkan di atas, ya. Semoga bermanfaat.

author

Author: 

Related Posts