header 728 x 90 3

8 Usaha dengan Modal Kecil yang Layak Dicoba

 

usaha dengan modal kecilPemerintah sedang menggalakkan gerakan mandiri untuk masyarakat melalui penekanan menjadi seorang enterpreneur. Namun, kegiatan tersebut tidak didukung dengan adanya edukasi mengenai modal yang diperlukan. Tentunya hal tersebut menyebabkan masyarakat lebih memilih untuk tetap mempertahankan usaha yang dijalankannya meskipun dengan sumber modal yang terbatas.

Berikut ini kami menyediakan beberapa ide mengenai usaha dengan modal kecil yang dapat Anda jadikan referensi. Meskipun dengan modal kecil, namun jika dijalankan dengan baik manajerialnya maka akan mendatangkan profit yang besar. Penasaran? Ini dia pembahasannya.

Referensi 8 Macam Usaha dengan Modal Kecil

Terdapat beberapa macam usaha dengan modal kecil yang dapat Anda coba. Berikut kami sajikan referensinya khusus untuk Anda.

1. Usaha Kuliner

Bagi Anda yang mempunyai keahlian dalam dunia memasak, tidak ada salahnya untuk mencoba menginvestasikan keahlian tersebut menjadi sebuah usaha. Tidak perlu repot-repot untuk membangun atau menyewa sebuah toko. Cukup gunakan lahan kosong di area rumah, Anda sudah bisa menjual dagangan. Bisa berupa warung nasi, makanan ringan usaha rumahan, atau aneka kuliner lainnya. Jika dirasa lokasi tempat tinggal kurang strategis jangan khawatir, Anda bisa menjual aneka olahan masakan Anda melalui sosial media, marketplace atau e-commerce.

2. Usaha Via Online

Bisnis online kini kian menjadi pilihan usaha dengan modal kecil yang dipilih oleh masyarakat. Kemudahan akses serta berbagai macam kemudahan lainnya yang ditawarkan membuat tingkat persaingan juga kian meningkat. Untuk itu, Anda harus bekerja cerdas, bukan bekerja keras jika ingin mengembangkan usaha via online. Kerja cerdas yang dimaksud yaitu dengan mempertajam skill dan pengetahuan Anda mengenai marketing, manajerial dan produksi. Dibutuhkan suatu inovasi dan kreasi yang unik agar usaha Anda bisa eksis ditengah persaingan yang kian ketat.

3. Usaha Rumahan

Saat ini Anda tidak perlu lagi pergi ke kantor atau ke tempat kerja, cukup sediakan ruangan di rumah untuk tempat bekerja, Anda sudah bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Jenis usaha rumahan yang bisa Anda kelola yaitu desain grafis, membuka jasa jahit pakaian, membuka usaha katering atau yang lainnya. Kesemuanya dapat Anda kerjakan di rumah, namun yang perlu diperhatikan yakni selain unsur unik, harga serta kualitas juga menjadi poin utama yang diperhatikan oleh para konsumen. Pastikan kesemua unsur tersebut dapat Anda penuhi, sehingga dimungkinkan usaha yang Anda rintis dapat berjalan dengan baik dan lancar.

4. Usaha Jasa

Jika Anda mempunyai sebuah keahlian tertentu, cobalah untuk membuka usaha jasa. Jenis jasa yang dapat Anda tawarkan bisa berupa jasa alih bahasa, jasa penulisan artikel, maupun jasa penyedia website yang saat ini tengah menjadi pusat perhatian. Selain bisa mengembangkan daya kreasi Anda, hal tersebut juga bisa menambah penghasilan Anda.

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan

Ketika sudah mulai menjalankan usaha tersebut, diharapkan Anda tetap memperhatikan beberapa hal yang berkaitan dengan kelangsungan bisnis. Apa saja?

  1. Perhatikan pangsa pasar yang ingin dituju. Ketika sudah tahu pangsa pasar dan segmentasi yang ingin dibidik, maka Anda sudah mulai bisa menentukan varian produk untuk membuat konsumen tetap menggunakan produk Anda.
  2. Perhatikan aspek harga. Harga memegang peranan yang cukup siginifikan. Permainan harga dengan sedikit pemberian promo atau yang lain dapat memberikan kesan “wah” di mata konsumen.
  3. Tambah lagi skill Anda tentang marketing dan manajerial. Persaingan yang ketat dalam pasar menjadikan Anda untuk tetap mawas diri dengan menambah skill marketing dan teknik manajerial yang baik.
  4. Inovasi dan Kreasi Produk. Ketika posisi pasar dirasa sudah stabil, kini giliran Anda untuk membuat kreasi dan inovasi produk yang berbeda dan unik. Selain untuk mempertahankan eksistensi, hal tersebut juga berguna untuk menarik minat konsumen akan varian yang baru.
  5. Akses kemudahan. Berikan akses kemudahan dalam setiap transaksi, misalkan Anda memberikan fasilitas Delivery Order (DO) untuk kawasan tertentu. Anda juga bisa memberikan fasilitas kemudahan dalam transaksi online.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika Anda akan membuka usaha dengan modal kecil. Semoga kedelapan referensi usaha tersebut dapat menginspirasi Anda untuk membukan peluang usaha lainnya. Sekian.

 

author

Author: 

Related Posts