header 728 x 90 3

Melirik Kisah Sukses Bisnis Waralaba Alfamart!

bisnis waralaba alfamartSelain indomaret tentunya waralaba alfamart merupakan bisnis yang tidak bisa terpisahkan. Kedua bisnis waralaba minimarket tersebut memang menjadi bisnis waralaba yang sangat sukses di indonesia terbukti dari banyaknya gerai yang bagaikan jamur di berbagai pelosok negeri ada dua toko tersebut. Bisnis waralaba alfamart, di balik CEO PT Sumber Alfaria Trijaya, Pudjianto nama alfamart berubah menjadi bisnis waralaba yang sangat terkenal. Berkat konsep yang dibesutnya, minimarket ini terus menggelinding ke berbagai pelosok kota. Sukses membesarkan Indomaret, di tangannya, setelah dipinang Djoko Susanto,pemilik Alfamart, pada 2001, gerai Alfamart baru 34. Pada akhir 2001, jumlah gerai menjadi 145. Setahun kemudian, jumlah gerai membengkak menjadi 350. Sampai akhir tahun lalu, jumlah gerai sudah mencapai 2.266. Dan, saat ini gerai Alfamart mencapai 2.600 dengan 26 ribu karyawan. Sampai akhir tahun ini, gerai Alfamart ditargetkan mencapai 2.750. Tidak hanya dari sisi kuantitas, dari sisi ekuitas merek, Alfamart juga tercatat sebagai minimarket nomor satu menurut data AC Nielsen. Lalu, kiat seperti apa yang dibangun oleh Pudjianto hingga akhirnya mampu membawa alfamart sebagai bisnis waralaba terkemuka di Indonesia? Ini jawabannya.

Lokasi, Lokasi dan Lokasi, itulah point penting untuk membuka usaha

Lokasi menjadi point penting bagi anda yang ingin membuka usaha waralaba seperti halnya bisnis waralaba alfamart. Lokasi memang penting dan menentukan keberhasilan bisnis waralaba minimarket Anda, namun juga bisa membuat Anda merugi. Syarat utama dalam memilih lokasi di antaranya adalah berdekatan dengan pusat bisnis lain seperti restoran atau bank. Lokasi dekat ruko dan perumahan juga bisa menjadi pertimbangan, selain itu juga akses yang mudah. Jangan memilih lokasi yang wilayahnya belum berkembang karena belum memberikan potensi dan bahkan bisa memberikan kerugian.

Memiliki jiwa entrepreneurship itu penting

Keberhasilan bisnis waralaba yang sudah tertata sistemnya tidak lepas dari kepiawaian pewaralabanya pun begitu dengan bisnis waralaba alfamart. Untuk menjalankan usaha waralaba, anda harus mempunyai jiwa wirausaha sehingga anda akan selalu mengerti konsep usaha seperti apa yang dibutuhkan oleh pasar. Laurensius Tirta Widjaja, Merchandise Development Director Indomaret mengatakan, pewaralaba harus siap berwirausaha dan memiliki jiwa kewirausahaan. Tim survei dari Indomaret misalnya, selalu melakukan wawancara terhadap calon pewaralaba. Biasanya dua orang pewawancara akan menilai dan mempertimbangkan karakter personal untuk melihat jiwa entrepreneurship-nya. Selain itu juga untuk mencari alasan yang mendasari calon investor untuk berwaralaba. Pengalaman berbisnis sebelum mengajukan waralaba minimarket juga dipertanyakan.

Jeli menyasar pangsa pasar adalah kebutuhan pokok

Semua bentuk usaha pastinya didirikan untuk memenuhi kebutuhan pasar. Minimarket yang berdiri berdampingan belum tentu menjadi ancaman kegagalan bisnis waralaba ritel. Banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan bisnis waralaba minimarket yang berkompetisi dengan pesaing di satu wilayah salah satunya adalah nama besar. Masyarakat pastinya tidak akan sanksi dengan nama yang sudah familiar dan terpercaya seperti alfamart sehingga untuk membuka usaha besar seperti bisnis waralaba alfamart anda harus mulai dengan memberikan mind positif di masyarakat bahwa apa yang anda jajakan adalah yang paling baik sehingga meskipun ada banyak minimarket di sekitar anda, masyarakat akan tetap memilih toko anda.

Itulah beberapa kisah sukses di balik kesuksesan bisnis waralaba alfamart. Kesuksesan yang besar selalu berasal dari usaha yang sungguh-sungguh dan pantang menyerah sehingga bagi anda yang ingin memulai usaha besar seperti halnya bisnis waralaba minimarket alfamart ini tidak ada salahnya anda mencontoh kiat kesuksesan bisnis jaringan ritel minimarket ini.

Tags:
author

Author: 

Related Posts