Jenis dan Tips Memilih Bisnis Sampingan Untuk Mahasiswa dan Karyawan

Bisnis sampingan adalah kegiatan yang dilakukan seseorang yang memiliki keterbatasan waktu atau kesibukan dibidang lain yang menjadi pekerjaan utamanya ataupun urusan lainnya.Bisnis sampingan biasanya dijalankan oleh mahasiswa dan pekerja kantoran. Alasan yang menjadikan mereka memilih bisnis sampingan biasanya karena uang yang dimiliki tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan merasa malu jika harus meminjam kepada orang lain. Mencari peluang bisnis sampingan yang dirasa cocok untuk anda jalankan memerlukan bekal yang cukup untuk mengantisipasi kesulitan yang nantinya bisa terjadi. Di bawah ini, kami sediakan informasi dan tips memilih bisnis yang cocok untuk anda jalankan. Silahkan anda simak dan cermati ulasan berikut ini!

Jenis Bisnis Sampingan Yang Menguntungkan

bisnis sampingan jasa desain grafisAnda mungkin seorang karyawan tetap, tapi terkadang gaji yang anda miliki tidak bisa mencukupi atau menutup semua kebutuhan kehidupan sehari-hari. Jika anda merasa berada pada posisi seperti tadi, mungkin anda harus mencoba untuk membuka bisnis sampingan untuk menambah pendapatan. Di bawah ini beberapa bisnis yang bisa anda jadikan sebagai penghasilan tambahan.

  1. Jasa Desain Grafis

Jika anda memiliki bakat dalam bidang desain grafis, anda bisa memanfaatkan bakat anda untuk memperoleh penghasilan tambahan. Bidang desain grafis biasanya berkaitan dengan membuat kartu nama, logo, baju, poster, dan masih banyak lagi. Anda bisa menjalankan bisnis tersebut secara online maupun offline. Untuk menjalankannya secara online anda bisa menjual hasil desain anda ke situs tertentu yang terdapat di internetNah, untuk anda yang bisa berbahasa inggris, anda bisa menghasilkan penghasilan lebih karena kelebihan anda dalam berbahasa inggris.

  1. Jasa Les Privat

Bila anda memiliki kelebihan dalam bidang akademik, anda bisa membuka sebuah les privat. Membuka jasa les privat merupakan ide bisnis modal kecil yang menguntungkan. Pasalnya untuk membuka bisnis les privat membutuhkan keterampilan menguasai salah satu bidang di mata pelajaran atau bahkan semuanya dan tidak semua orang bisa melakukan hal tersebut. Anda dapat membuka jasa les privat dengan offline ataupun online. Jika offlina anda harus bersedia datang ke rumah yang memesan jasa anda atau sebaliknya, sedangkan online anda bisa membuat sebuah video mengenai mata pelajaran tertentu atau membuat sebuah buku online.

  1. Jasa Penerjemah

Jika anda mahir dalam berbahasa Inggris atau menguasai bahasa lainnya, ini bisa menjadi pilihan anda untuk meraup keuntungan. bisnis sebagai penerjemah tidaklah terlalu merepotkan pekerjaan utama anda. Menerjemahkan suatu teks bisa anda kerjakan sebelum atau sesudah bekerja, bahkan ketika anda sedang libur. Meskipun sekarang sudah ada yang namanya google translate, tapi terkadang hasil yang disuguhkan tidak memuaskan. Nah, jika anda tertarik dalam bidang ini, anda bisa memanfaatkan jasa online.

  1. Jasa Pengetikan

Untuk menekuni bisnis pengetikan, anda harus memiliki kecepatan mengetik yang cukup bisa diandalkan. Jasa pengetikan biasanya dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk mengerjakan tugas kuliah mereka agar cepat selesai. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh anda yang berbisnis untuk mencari penghasilan tambahan. Perlu diperhatikan, jika anda berminat untuk membuka jasa pengetikan, maka anda harus tahu setiap format yang diinginkan konsumen. Jasa ini cocok untuk dijalankan pada lingkungan kampus.

  1. Menjual Kue

Bagi anda yang hobi membuat kue, anda bisa memanfaatkan skill anda sebagai penghasil pundi-pundi uang. Ide dan peluang bisnis memerlukan modal kisaran 10 juta untuk satu bulan pertama tanpa menyewa tempat. Penjual aneka jenis kue merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan, karena biasanya orang-orang akan mencari kue saat berada pada acara tertentu seperti pernikahan dan ulang tahun. Konsumen yang sering mencari aneka jenis kue adalah kalangan anak remaja.

  1. Membuat Warung Kopi

Kopi, merupakan minuman yang dicari oleh setiap laki-laki. Biasnya kopi disajikan ketika anda harus lembur tugas atau sekedar duduk-duduk menikmati suasana malam. Anda bisa membuka warung kopi sederhana untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Jika dihitung, keuntungan yang ada dapat dari hasil penjualan kopi sangatlah menguntungkan. Contoh jika anda membeli kopi sachet seharaga 2000 rupiah per bungkus, anda bisa menjual kopi tersebut seharga 2500 sampai 3000 rupiah per gelasnya.

  1. Membuat Blog

Bisnis sampingan ini bisa dibilang tidak terlalu banyak membutuhkan modal. Anda dituntut untuk memberikan waktu dan tulisan anda. Tulisan yang dibuat haruslah memiliki kualitas yang dapat menarik minat pembaca. Membuat tulisan blog yang berkualitas bisa dimulai dengan pekerjaan yang anda sedang kerjakan. Dengan merujuk ke hal tersebut, penulisan blog tidak akan terlalu sulit dilakukan karena sudah ada pengalaman pada bidang yang sedang ditekuni.

  1. Menjual Makanan

binsis sampingan kuliner selalu menjanjikan keuntungan yang besar bagi penggiatnya. Sama halnya dengan bisnismenjual makana untuk sarapan. Kebanyakan orang kadang mengalami kerepotan dalam mempersiapkan sarapan. Karean hal itulah orang-orang sering mencari menus sarapan yang sudah jadi untuk menghemat waktu mereka. Anda bisa menjual berbagai aneka makanan seperti nasi uduk, bubur ayam, gorengan, bubur kacang ijo, nasi rames, dan lain-lain. Kemungkinan keuntungan yang bisa anda dapatkan adalah 2 juta rupiah perbulan.

  1. Berjualan Pulsa

Mungkin berjualan pulsa merupakan bisnis sampingan yang cocok untuk mahasiswa yang sedang mencari tambahan uang jajan. Kenapa cocok, kebanyakan mahasiswa memanfaat jenis bisnis ini karena bisa terbilang tidak menggangu tugas kuliah dan untuk bisnis ini modal yang dikeluarkanpun tidak terlalu merobek kantong. Dengan berjualan pulsa, anda hanya perlu mempromosikan diri kepada teman-teman, dosen atau orang lain. Bisnis ini juga terbilang menguntungkan karena setiap orang pasti membutuhkan pulsa untuk mengirim sms, telfonan atau hanya sekedar menambah masa tenggang kartu.

  1. Laundry

jasa laundryKesibukan yang disebabkan rutinitas sehari-hari menyebabkan beberapa orang tidak sempat memiliki waktu untuk mencuci pakaian mereka. Anda bisa memanfaatkan situasi tersebut sebagai peluang membuka bisnis baru seperti laundry. Tidak hanya praktis, bisnis sampingan laundry juga membantu menghemat pekerjaan orang lain. Jasa laundry biasanya berlokasi pada daerah yang padat penduduk, perkotaan, lingkungan kampus, dan lain sebagainya. Rata-rata harga yang dipatok pelaku bisnis laundry adalah 3000 samapi 5000 rupih per kilonya. Menguntungkan bukan?

  1. Menjadi Media Social Influencer

Apa itu media social influencer? Media social influencer adalah pengguna media sosial yang digunakan sebagai alat mencari penghasilan denga cara mempengaruhi dan membuat pengikutnya tertarik untuk melihat kegiatan yang mereka lakukan. Sehingga tidak heran jika mereka memiliki jumlah pengikut yang fantastis banyak. Hal ini sering dimanfaatkan oleh beberapa pelaku bisnisuntuk mempromosikan produk yang mereka miliki. Tentunya anda akan mendapatkan imbalan jika mempromosikannya.

  1. Bisnis Fotocopy dan Print

Bisnis ini selalu menjadi primadona di lingkungan kampus atau perkantoran. Jenis bisnis fotocopy dan print selalu memiliki ruang dalam menjalankan bisnisnya dan selalu berkembang. Konsumen yang selalu menggunakan jasa ini adalah mahasiswa, karyawan kantoran, pegawai negeri sipil, bahkan sampai masyarakat umum untuk menyalin dokumen penting yang mereka miliki. Bisnis fotocopy biasanya dibarengi dengan penjualan alat-alat kebutuhan menulis lainnya.

  1. Membuka Warnet

Warung internet akan selalu ada meski untuk sekarang ini akses internet sudah bisa dicapai melalui handphone. Membuka warnet jelas merupakan bisnis menguntungkan untuk anda yang ingin menambah penghasilan. Konsumen yang datang ke warnet biasanya untuk mencari informasi tertentu, bermain game online, percetakan, pengetikan atau hanya sekerdar menonton video di youtube. Bila anda tertarik untuk membuka bisnis ini, anda bisa merekrut seseorang untuk menjadi penjaga warnet sementara anda fokus menjalankan pekerjaan utama.

  1. Membuka Pertamini

Membuka bisnis bensin eceran atau sekarang ini sering disebut dengan pertamini merupakan bisnis yang menguntungkan. Bisnis ini terbilang mudah untuk menjalankannya. Anda bisa memanfaatkan keluarga di rumah untuk menjalankan bisnis ini selama anda berada di kantor. Anda bisa menaikkan harga sedikit lebih mahal dari harga aslinya tapi jangan mematok selisih yang terlalu tinggi, cukup mematok kenaikan harga sebesar 500 sampai 1000 rupiah perliternya saja. Membuka pertamini juga tidak terlalu memakan waktu untuk aktivitas anda.

  1. Jasa Cuci Kendaran

Bertambahnya volume kendaraan di Indonesia bisa anda manfaatkan untuk membuka jasa cuci kendaraan. Setiap orang yang memiliki kendaraan pasti risih jika melihat mobil atau motor mereka kotor. Jasa ini bisa membantu orang menghemat waktu yang mereka miliki dengan kegiatan lain yang lebih penting. Keuntungan yang ditawarkan juga lumayan untuk penghasilan tambahan. Bagi anda yang berminat membuka bisnis ini, silahkan untuk mempersiapkan alat-alat yang diperlukan.

  1. Membuka Angkringan

Angkringan menjadi salah satu bisnis unik dan menguntungkan pelaku bisnis di Indonesia. Bisnis ini buka pada saat malam hari, jadi ketika siang anda bisa fokus ke pekerjaan utama anda. Untuk menjalani bisnis ini, anda memerlukan keterampilan untuk mengolah menu-menu angkringan agar enak dimulut para konsumen. Salah satu cara menarik pembeli dalam Bisnis ini adalah dengan cara memberikan cita rasa yang berbeda dan menggugah selera.

  1. Bisnis Jus Buah

Bisnis ini biasanya dicari oleh pembeli ketika hari sedang terik. Rasa buah yang dicampur oleh es akan membuat badan lebih segar dalam beraktifitas. Selain rasa dari jus buah yang banyak disukai semua orang, ternyata menjalankan bisnis ini tidaklah terlalu sulit. Bisnis ini juga tergolong dalam peluang bisnis yang tidak memerlukan modal yang besar. Bagi anda yang ingin membuka bisnis ini, anda bisa memanfaatkan keterampilan keluarga anda atau orang lain untuk menjalankan bisnis tersebut.

 18. Beternak

Beternak selalu menjadi bisnis yang bisa diandalkan. Anda bisa menjatuhkan pilihan anda dengan memanfaatkan hewan-hewanternak. Kebutuhan akan daging yang berkualitas di Indonesia sudah mulai meningkat, bahkan terkadang persediaan yang dibutuhkan kurang sehingga harus import dari negara lain. Bisnis ini juga bisa anda jadikan sebagai hobi dan penghilang rasa stress dari pekerjaan utama yang anda alami. Anda bisa merekrut seseorang untuk membantu merawat dan menjaga hwan-hewan ternak.

  1. Menjadi Penulis Freelance

Menjadi penulis freelance atau penulis lepas merupakan salah satu bisnis yang menguntungkan. Terdapat berjuta-juta situs yang tersebar di dunia internet, penulisan artikel akan selalu dibutuhkan untuk mengisi website agar tetap up to date. Tidak semua pemilik website bisa menulis sebuah artikel, dibutuhkan kerterampilan menulis untuk melakukannya. Jika anda adalah termasuk orang suka menulis, memanfaatkan jenis bisnis ini bisa mempertebal isi kantog anda.

  1. Menjual Barang-Barang Seni

Bagi anda yang menyukai bidang seni. Anda bisa memanfaatkan bakat yang kamu miliki untuk dijadikan sebagai penghasilan tambahan. Barang seni selalu berharga jual tinggi tergantung keunikan dan kesulitan dalam proses membuatnya. Barang seni yang bisa dijual antara lain lukisan, patung, sketsa, dan lain-lain. Bagi anda yang berminat untuk mencobanya ada beberapa situs yang menyediakan layanan penjualan barang-barang seni di internet. Anda bisa mencari rekomendasi yang terpercaya dan seirng digunakan banyak orang.

  1. Menjual Hasil Foto Secara Online

Meskipun anda bukan seorang fotografer profesional, anda masih bisa menjual hasil jepretan anda secara online. Modal yang anda perlukan hanyalah sebuah kamera XLR, hardisk untuk menyimpan data foto, dan jaringan internet. Anda bisa menjual hasil foto anda melalui situs-situs populer yang sering dikunjungi oleh orang-orang yang berprofesi sebagai fotografer. Tentunya anda harus bertanya orang yang sudah berpengalaman dalam bidang ini.

  1. Menjadi Dropshipper

Dropship adalah cara bisnis online shop yang tidak memerlukan modal yang banyak. Anda hanya perlu mempromosikan barang dan menunggu konsumen. Ketika ada konsumen yang berminat terhadap produk yang ditawarkan, anda hanya perlu menghubungi penjual aslinya untuk segera mengirim barang yang dipesa setelah konsumen melakuakn pembayaran. Jadi, bisnis ini tidak akan menyita kegiatan anda dalam mejalani aktifitas sehari-hari

  1. Menjadi Reseller

Menjadi reseller berarti anda menjual kembali barang yang sudah dibeli dengan harga yang lebih tinggi untuk mengambil keuntungan yang lebih besar. Seorang reseller harus memiliki stok produk yang dijualnya untuk mempermudah proses transaksi. Ini adalah salah satu bisnis yang dapat kamu lakukan untuk mendapat penghasilan tambahan. Dalam hal ini, reseller adalah pelaku bisnis yang tidak memiliki porduk sendiri tetapi memanfaatkan produk orang lain untuk meraup keuntungan yang besar.

  1. Membuka Bisnis Pangkas Rambut

Anda dapat menyewa atau merekrut orang yang ahli dalam bidang ini. Dengan begitu anda hanya perlu memberikan ongkos setiap minggu atau bulannya kepada karyawan anda. Seseorang yang ingin bergabung dengan bisnis ini haruslah memiliki keterampilan dalam bidang memotong rambut dan mengetahui beberapa model rambut terkini yang sedang populer dikalangan masyarakat. Jasa pangkas rambut selalu dibutuhkan setiap orang karena tidak bisa memangkas rambutnya sendiri.

  1. Membuka Toko Kelontong

Membuka bisnis toko kelontong bisa menjadi pilihan anda. Anda tidak terlalu perlu mencari tempat yang jauh, cukup di depan rumah. Anda bisa memulai bisnis ini dengan menyediakan kebutuhan masyarakat yang ada di lingkungan sekitar seperti kebutuhan sandang dan pangan. Dengan begitu masyarakat sekitar akan merasa dipermudah dalam urusan membeli kebutuhan tersebut dan memilih untuk ke tempat anda daripada harus jauh-jauh menuju pasar.

Tips Memilih Bisnis Sampingan

Peluang bisnis sampingan masih terbuka lebar untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Menjalankan sebuah bisnis tidaklah mudah untuk dijalankan. Anda perlu mempersiapkan segala sesuatunya yang bisa menujang kesuksesan anda di masa depan. Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan untuk mempersiapkan diri menghadapi tantangan berbisnis. Berikut adalah tips-tips yang akan kami berikan sebagai referensi anda.

  1. Siapkan Mental

Membentuk mental yang kuat akan membantu anda tahan banting dalam menghadapi situasi yang dapat berubah setiap saatnya. Anda harus bisa mencari jalan keluar untuk mengantisipasi masalah-masalah yang bisa membuat bisnis yang sedang anda jalankan berhenti di tengah jalan. Dalam suatu bisnis, termasuk bisnis sampingan pasti memiliki hambatan yang harus dilewati oleh setiap pelaku bisnis.

  1. Memiliki Izin Bisnis

Memiliki izin bisnis atau Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) untuk bisnis tertentu sangatlah dibutuhkan. Dengan memiliki izin tersebut anda akan terbebas masalah-masalah yang bisa membuat bisnis anda menjadi tidak terurus. Surat tersebut menandakan bahwa anda memiliki izin resmi dari pemerintah untuk membangun suatu bisnis di lingkungan anda berada.

  1. Siapkan Modal Awal

Modal selalu menjadi faktor utama permasalahan dalam membangun sebuah bisnis yang menjanjikan. Banyak cara untuk mendapatkan sebuah modal awal, seperti dari tabungan, investor, meminjam kepada pihak bank, dan lain-lain. Perlu diperhatikan jika anda memilih untuk meminjam uang dari bank. Jika anda tidak bisa mengelola bisnis yang sedang anda jalani, pinjaman tersebut bisa membebani bisnis anda karena tidak bisa melunasi atau pun selalu telat ketika mengembalikannya.

  1. Memperhatikan Saingan

Menekuni sebuah bisnis pasti akan memiliki saingan.  Agar bisnis anda bertahan lama, anda harus memiliki keunikan dan kelebihan tersendiri pada produk yang anda tawarkan. Sehingga konsumen akan lebih tertarik untuk membeli produk yang anda jual daripada produk dari pesaing. Penawaran yang bisa anda berikan berupa harga yang lebih murah atau kualitas produk yang lebih baik.

  1. Pilih Bisnis Yang Cocok

Anda bisa saja sulit untuk memilih bisnis karena terlalu banyak ide ataupun malah tidak punya ide sama sekali. Memilih bisnis jangan terlalu diambil pusing, pilih bisnis sesuai dengan keahlian anda dan sebisa mungkin yang tidak membutuhkan waktu yang menyita pekerjaan utama anda. Cara ini tentunya tidak memerluka waktu yang panjang untuk anda belajar karena anda sudah memiliki keterampilan tertentu.

  1. Memepersiapkan Rencana Bisnis

Fungsi rencana bisnis adalah untuk memberikan gambaran berupa kebutuhan modal, target pendapatan, keuntungan, biaya oprasional selama satu tahun kedepan. Mempunyai suatu gambaran tentunya akan sangat membantu anda dalam menjalankan suatu bisnis. Rencana bisnis bisa menjadi batu loncatan untuk memajukan dan memperbesar bisnis yang sedang anda jalani.

  1. Meminta Tanggapan Pelanggan

Ketika bisnis anda sudah mulai berkembang dan memiliki pelanggan, coba anda mintai mereka untuk memberikan saran atau kritik dari kekurangan-keurangan yang dirasakan untuk memperbaiki sistem pelayanan anda. Pada dasarnya kita sebagai pendiri merasa sistem yang kita buat sudah sangatlah bagus, tapi sistem tersebut belumlah bagus dari sisi pelanggan. Dengan meminati tanggapan pelanggan, hal tersebut bisa dijadikan sebagai instroveksi diri.

  1. Berkomitmen

Seperti yang telah dipaparkah di atas, memulai sebuah bisnis tidaklah mudah. Untuk bisnis sampingan anda harus rela mengurangi waktu bersenang-senang. Memulai bisnis sampingan berarti anda juga harus mengelolanya. Alihkan seluruh aktifitas bersenang-senang anda pada waktu yang benar-benar bebas, seperti pada hari minggu atau waktu libur kerja anda.

  1. Bangun Jaringan Kerja

Akan sangat membantu bila anda tidak harus terlalu pusing pada pekerjaan sampingan anda. Karena anda memiliki ketrbatasan waktu untuk mengelola bisnis sampingan anda, maka diperlukan pekerja yang siap mendukung bisnis anda seperti distributor, pengurus pemasaran, dan supplier. Dengan membangun sebuah jaringan keuntungan dapat dirasakan oleh kedua belah pihak, anda sebagai pelaku bisnis dan orang lain sebagai konsumen.

  1. Merekrut Asisten

Cara terbaik untuk membangun sistem kerja sampingan untuk karyawan adalah dengan merekrut asisten. Seorang asisten bisa memberikan layanan kepada konsumen selama anda tidak ada dengan memberikan beberapa wewenang yang cukup dan dapat dihandle sendiri supaya tidak mengganggu anda ketika sedang melakukan pekerjaan utama. Dengan kata lain, asisten anda akan menjadi bos sementara untuk mengurus semua kerjaan ketika anda sedang tidak ada karena keperluan lain.

  1. Mengendalikan Stress

Memiliki dua pekerjaan tentunya akan membuat anda berpikir berkali-kali lipat dari yang biasanya. Belum lagi tenaga yang harus dikeluarkan akan menekan anda dan membuat anda cepat mengalami stress. Oleh karena itu, anda harus bisa menluangkan sedikit waktu untuk menistirahatkan atau sekedar melakukan aktifitas lain seperti jalan-jalan dan olahraga ringan untuk memberikan rasa rileks kepada tubuh anda.

  1. Kelola Waktu dan Keuangan

Waktu dan keuangan juga harus dikelola dengan baik agar tidak kesuliatan. Mengelola waktu maksudnya adalah anda harus memiliki jadwal tersendiri untuk diganggu dan tidak oleh konsumen untuk mempermudah aktifitas anda. Sedangkan yang dimaksud mengelola keuangan adalah pemisahan kebutuhan yang menggunakan gaji pokok dan penghasilan tambahan anda.

  1. Menjadi Lebih Efisien

Menjadi efisien dimaksudkan untuk mengatur aktifitas anda. Biasanya setelah selesai bekerja, hal yang paling diingikan adalah beristirahat. Akan tetapi, karena anda memiliki pekerjaan sampingan hal tersebut jelas tidaklah mudah dilakukan. Anda perlu mengatur jadwal anda dengan mencatat apa saja yang bisa dilakukan dalam satu hari. Hal tersebut dapat membantu anda dalam memperhatikan urusan kantor dan urusan bisnis.

  1. Promosi

Melakukan sebuah promosi merupakan salah satu bagian terpenting dalam proses mengembangkan produk pemasaran. Dengan melakukan promosi produk yang anda jual akan cepat menyebar dan cepat pula peluang untuk mendapatkan keuntungan. Promosi dapat dilakukan melaku media sosial seperti facebook, instagram, line, whatsapp, spanduk, brosur, dan masih banyak lagi.

  1. Analisis Kesalahan

Sangatlah wajar jika anda memulai suatu bisnis dan melakukan suatu kesalahan dalam mejalankannya. Salah satu bisnis yang sukses selalu belajar dari kesalahan yang mereka buat. Memperbaiki kesalahan merupakan salah satu pekerjan dari pelaku bisnis agar kelak kesalahan yang sama tidak akan terulang kembali. Selain mencari cara memperbaiki kesalahan, bisnis yang sukses akan selalu berinovasi dalam memberikan pelayanan atau produk untuk kepuasan konsumen.

  1. Tentukan Target

Untuk menjadikan bisnis yang menjanjikan, anda harus memiliki sebuah tujuan atau target agar memberikan hasil yang terbaik dengan menetapkan hasil harian, mingguan, bulanan, bahkan tahunan untuk pendapatan yang akan dihasilkan nantinya. Mendapatkan target yang maksimal harus didukung dengan fasilitas dan pelayanan yang maksimal pula agar konsumen puas dengan kinerja yang anda berikan.

  1. Menginvestasikan Pendapatan

Menginvestasikan pendapatan anda menjadi langkah yang penting. Dengan melakukan hal ini anda bisa mengembangkan bisnis sampingan anda ke bisnis yang lebih serius. Ini bisa menjadi langkah yang tepat untuk menambah pundi-pundi uang yang masuk kedalam dompet anda. Meskipun sebuah investasi tidak cukup dengan modal yang kecil, namun keuntungan yang anda dapat pun tidaklah sedikit.

Itulah beberapa tips dan jenis bisnis sampingan yang bisa anda jalankan. Bisnis kecil yang menguntungkan tentunya akan sangat membantu anda dalam memperoleh penghasilan tambahan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari anda. Semoga dengan informasi di atas anda bisa menetapakan pilihan untuk mencoba bisnis-bisnis di atas. Semoga bermanfaat dan terima kasih.