Cara Bisnis Online Shop Yang Baik

cara bisnis online shopPerkembangan bisnis online di Indonesia semakin pesat beberapa tahun terakhir. Banyak alasan mengapa orang-orang memilih bisnis online shop. Salah satunya adalah online shop dapat dimulai dengan modal yang minim, namun mampu menghasilkan keuntungan besar. Tentu saja, hal tersebut dapat diraih bila si pelaku usaha mengerti cara bisnis online shop yang benar. Mulai dari penyediaan barang, promosi, transaksi dengan konsumen, hingga pengiriman barang. Adapun keuntungan membuka online shop adalah sebagai berikut :

  1. Modal yang diperlukan tidak sebesar bila membuka toko fisik.
  2. Jangkauan konsumen lebih luas.
  3. Modal untuk penyediaan barang kecil, karena tidak memerlukan item display dan stok seperti toko fisik.
  4. Resiko kerugian kecil karena tidak perlu menyediakan tempat khusus ataupun stok barang.
  5. Jam operasional fleksibel, dapat dibuka dan tutup sesenggang pemiliknya. Atau bisa juga dikerjakan dengan menyambi pekerjaan lain.

Cara Menjalankan Toko Online

Cara bisnis online shop sendiri sebenarnya sangat mudah dan tidak serumit jika menjalankan toko konvensional. Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan toko merupakan usaha pribadi atau menempatkan diri sebagai dropshipper. Pengertian dari dropshipper sendiri kurang lebih sama dengan broker di bidang properti. Yakni, penjual tidak perlu menyetok barang dan hanya mempromosikan item dari suplaier kepada calon konsumen secara online. Dropshipper menentukan sendiri harga jual kepada konsumen dan besaran keuntungan yang diambil. Konsumen yang tertarik kemudian mentransfer uang pembelian ke rekening dropshipper yang kemudian dikirim ke pihak suplaier sesuai harga asli barang. Tetapi, resiko menjadi dropshipper adalah bila kualitas barang buruk atau suplaier melakukan kecurangan, dia yang tidak tahu menahu akan menjadi satu-satunya yang disalahkan oleh konsumen. Namun, dropshipper sendiri memiliki keuntungan karena tidak membutuhkan modal, kecuali kuota internet dan rekening untuk bertransaksi.

Setelah menentukan menjadi usaha pribadi atau dropshipper, cara bisnis online shop agar berhasil selanjutnya adalah mulai berpromosi. Manfaatkan semua akun sosial media yang dimiliki untuk memperluas jangkauan konsumen, di mana jejaring sosial dapat menghubungkan semua orang dari berbagai belahan penjuru dunia. Selain menggunakan sosial media, buat juga blog atau website yang menarik untuk memudahkan konsumen bertransaksi sekaligus meningkatkan kepercayaan calon pembeli karena memiliki website atau blog toko terbukti meningkatkan profesionalitas penjual di mata konsumen.

Bergabung dengan marketplace atau situs e-commerce juga merupakan salah satu cara bisnis online shop semakin berkembang. Indonesia merupakan salah satu pengguna marketplace terbesar di dunia. Sebab itu, bergabung dengan marketplace pun dapat membuat tingkat penjualan meroket. Namun, resiko bergabung dengan e-commerce juga cukup membuat tidak nyaman, di mana adanya persaingan sengit soal harga antar para penjual yang bergabung, karena pembeli dapat langsung membandingkan harga toko satu dengan yang lain. Dan, nasib toko pun sangat bergantung pada review konsumen, sehingga toko yang masih baru dan belum memiliki pelanggan cukup kesulitan bersaing dengan toko-toko senior. Banyak pula yang tidak segan bermain kotor dengan membuat akun-akun kloning untuk segera mendapatkan rate tinggi.

Terakhir, jika ingin toko online yang dimiliki berhasil, maka cara bisnis online shop yang wajib dipatuhi adalah bersabar meladeni pertanyaan-pertanyaan konsumen. Dibandingkan dengan pembeli di toko fisik, konsumen toko online lebih beraneka ragam dan kadang cukup memusingkan. Acap kali ditemui bertanya mendetail tentang barang, bahkan hingga berjam-jam, tapi pada akhirnya tidak jadi membeli. Ada pula yang marah-marah jika pesan yang dikirimkan tidak segera dibalas, menyebut penjual tidak niat berdagang. Belum lagi bila barang yang dikirim tidak kunjung sampai karena kendala di ekspedisi, penjual sering kali disalahkan, bahkan dituding sebagai penipu. Tidak heran bila kemudian muncul ungkapan bahwa menjadi penjual toko online harus bermental baja. Jika sanggup menghadapi konsumen-konsumen yang sedemikian rewel, maka besar kemungkinan untuk bisnis semakin berkembang. Sebab, kadang di balik konsumen yang banyak menuntut, tersembunyi loyalitas di mana saat merasa puas, mereka akan menjadi pelanggan tetap, juga tidak ragu membantu mempromosikan toko online tersebut pada kenalan.

Artikel terkait :