Ide Bisnis Modal Kecil

Ide Bisnis Modal KecilModal cukup menjadi bahan pertimbangan yang membuat calon wirausahawan urung untuk memulai bisnis. Padahal, banyak sekali ide bisnis modal kecil yang dapat dipilih untuk ditekuni. Bisnis-bisnis tersebut mayoritas berskala rumahan, tetapi menghasilkan keuntungan besar. Dengan modal yang terjangkau, tentunya akan memudahkan para calon usahawan untuk membuka bisnisnya yang jika berkembang pesat kemudian dapat pula menciptakan lowongan pekerjaan untuk orang lain di mana hal tersebut masih menjadi isu serius dalam masalah perekonomian di negeri ini. Jika modal yang dikeluarkan tidak terlalu besar, maka resiko yang dihadapi bila bisnis tidak berjalan lancar dan kemudian terhenti pun tidak akan fatal. Bisnis yang tidak memerlukan modal besar sendiri berasal dari beragam sektor, mulai kuliner hingga jasa.

Ide bisnis modal kecil yang pertama adalah warung kopi yang akrab disingkat Warkop. Bila diperhatikan baik-baik, hampir tidak pernah ada warung kopi yang gulung tikar. Bahkan selalu ramai konsumen. Modal terpenting dalam membuka bisnis ini adalah kopi yang nikmat dan kemampuan meraciknya dengan tepat. Kedua hal tersebut harus seimbang karena kopi yang nikmat akan sia-sia bila peraciknya tidak andal, sedangkan kopi bercitarasa buruk juga tidak lantas menjadi lezat hanya karena diracik seseorang yang ahli. Pengunjung warung kopi biasa, bukan kafe, sangat mengutamakan rasa racikan kopi. Karena kopi yang nikmat mereka yakini dapat membantu mengatasi stres atau penat akibat rutinitas seharian. Kemudian, lokasi warung. Tidak perlu menyewa tempat. Cukup buka saja di halaman rumah atau bisa juga membuat warung dari anyaman bambu jika memiliki lahan kosong yang tidak digunakan. Modal yang diperlukan bisa kurang dari lima ratus rupiah jika tanpa membangun warung lebih dulu.

Bisnis cuci motor dan mobil bisa menjadi ide bisnis modal kecil untuk ditekuni. Sebagai permulaan, cukup buka saja di halaman rumah dengan peralatan seadanya. Yaitu pipa air dengan selang panjang untuk menyalurkan air yang digunakan mencuci motor dan mobil pelanggan, sabun, lap basah dan kering. Pekerjaan ini memanfaatkan fakta para pemilik kendaraan yang acap kali terlalu malas membersihkan kendaraan mereka sendiri padahal sebenarnya tidak sulit untuk dilakukan. Modal untuk bisnis ini bahkan kurang dari Rp. 250.000,- jika memanfaatkan peralatan sederhana. Bisa saja menggunakan peralatan cuci motor dan mobil modern dengan mesin bersalju dan semacamnya, tetapi modal yang dibutuhkan terlalu besar. Karena masih merintis, sebaiknya menggunakan peralatan seadanya saja, sekaligus juga untuk memperhitungkan prospek bisnis tersebut di masa mendatang. Jika ramai pelanggan, baru bisnis dapat dikembangkan dengan peralatan modern serta membayar karyawan. Jika dihitung secara kasar, untuk tarif cuci motor Rp. 10.000,- per motor, bila berhasil mencuci sebanyak 10 motor saja sehari maka sudah mengantongi omzet Rp. 100.000,- yang mana 70%-nya merupakan laba bersih. Rp. 70.000,- per hari jika dikalikan 30 hari dalam sebulan, maka keuntungan yang didapat sebesar Rp. 2.100.000,-.

Membuka bisnis menjahit pakaian juga termasuk ide bisnis modal kecil yang patut dicoba. Bisnis ini mengandalkan keterampilan dalam menjahit dan modal yang dibutuhkan cukup sebuah mesin jahit yang bisa didapatkan dengan harga mulai Rp. 500.000,- saja. Dengan fakta pakaian merupakan kebutuhan primer, bisnis ini akan tetap bertahan dalam kurun waktu yang lama.

Ide bisnis modal kecil yang terakhir adalah dengan membuka jasa laundry atau binatu. Semakin banyaknya orang-orang yang sibuk bekerja membuat mereka tidak sempat untuk mencuci ataupun menyetrika baju sendiri karena tidak memiliki waktu luang untuk mengerjakannya. Situasi ini dapat dijadikan peluang untuk membuka jasa laundry yang menyediakan layanan cuci dan setrika pakaian. Modal yang dibutuhkan hanya mesin cuci yang hampir sudah dimiliki oleh semua orang zaman sekarang sehingga tidak perlu membeli baru, deterjen, dan pelicin sekaligus pewangi pakaian. Dengan menetapkan tarif Rp. 5.000,- per kilogram saja, jika sehari menerima 10 kilogram, omzet yang didapat sebesar Rp. 50.000,- di mana 80% merupakan laba bersih. Keuntungan akan semakin meningkat jika jumlah laundry per hari juga kian bertambah banyak.  

Artikel terkait :