Ide Dan Peluang Bisnis Bagi Mahasiswa

Ide Dan Peluang BisnisBisnis adalah salah satu hal yang ingin dimiliki oleh sebagian besar orang. Namun, hanya sebagian kecil orang saja yang bisa merealisasikanya. Karena memang membuka bisnis itu tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan seperti modal, mental, bahkan rancangan, ide dan peluang bisnis yang harus anda kuak dengan jeli. Kenapa mental juga penting? Karena dalam menjalankan bisnis, tentu akan ada banyak masalah yang dihadapi, ada banyak resiko yang harus ditanggung, dan kekuatan mental inilah yang membuat anda bisa bertahan dan bisnis anda tetap tegak berdiri ditengah badai cobaan yang menerpa. Memiliki sikap tahan banting merupakan sebuah kewajiban bagi pebisnis. Ya memang seperti telah kita ketahui.orang-orang yang telah sukses, pasti juga memmiliki masa-masa sulit yang membuat mereka belajar dan bangkit untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan yang pernah mereka lakukan. Keuletan inilah yang menjadi patokan oang bisa meraih kesuksesannya di jalan mereka sendiri, dengan bisnis mereka sendiri.

Hampir semua orang ingin memiliki bisnis. Tak terkecuali juga mahasiswa yang sebenarnya adalah pengangguran yang terselubung karena kegiatan perkuliahannya. Ada banyak mahasiswa yang kuliah sambil kerja. Faktor penyebabnya ada berbagai macam seperti ingin menambah uang jajan, untuk membantu melunasi SPP, atau hanya sekedar untuk mengisi waktu luang. Karena memang pada usia-usia ini, orang cenderung sudah berorientasi bagaimana caranya untuk hidup mandiri guna mempersiapkan kehidupan sebenarnya mereka setelah lulus kuliah. Ada berbagai ide dan peluang bisnis yang bisa mulai dikembangkan sejak anda masih berstatus mahasiswa.

Kuliah bukan merupakan halangan bagi anda untuk memulai bisnis anda. Justru karena anda kuliah, merupakan ladang uang yang bisa anda keruk semaksimal mungkin jika anda menemukan ide dan peluang bisnis yang sangat pas dengan kebutuhan anak kuliah atau anak muda jaman sekarang. Hal ini juga dikarenakan kawasan sekitar kampus juga merupakan pemukiman yang dimanfaatkan sebagai kos-kosan yang merupakan peluang bagi orang yang jeli melihat kebutuhan anak kos dan anak kuliahan.

Namun, bagi mahasiswa, tentu memulai bisnisnya tidak bisa dengan memerlukan modal yang besar. Karena memang mereka sebenarnya masih seorang anak dibawah asuhan dari orang tua mereka. Uang saku masih saja meminta dari orang tua. Ya walaupun ada beberapa yang sudah bisa menghasilkan uang sendiri. Namun memang untuk memulainya tidak bisa dengan modal yang besar. Mahasiswa harus dituntut kreatif dan cermat jika memang mereka ingin memulai bisnis dengan modal kecil. Mereka harus bisa menggali ide dan peluang bisnis yanga da disekitar mereka. Baik itu dikampus maupun kawasan kos-kosan atau kawasan terdekat dengan kampus. Karena disitulah letak pundi-pundi uang yang cukup menjanjikan.

Berikut adalah beberapa contoh ide dan peluang bisnis bagi mahasiswa yang mungkin bisa saja memberikan hasil yang lumayan banyak.

  1. Menjual produk makanan. Makanan ini bisa hanya menjual produk yang sudah siap edar maupun menjual makanan buatan anda sendiri. Jika anda bisa menawarkan hal yang unik, misalnya rasa, menampilan atau harga yang murah tentu akan sangat menarik perhatian konsumen. Atau jika kesulitan menemukan makanan yang unik. Kamu bisa hanya menjual makanan-makanan yang bisa dikonsumsi untuk sarapan, makan siang atau makan malam.
  2. Menjual bunga pada saat wisuda. Mungkin terlihat sepele, namun sebenarnya jika anda telah menemukan trik yang tepat, menjual bunga pada saat acara wisuda digelar maka anda bisa langsung memperoleh keuntungannya, dan jangan lupa persenan untukk teman-teman anda yang turut membantu anda mempromosikan dagangan anda.
  3. Menjual hadiah wisuda. Saat ini banyak orang yang ingin memberikan hadiah kepada orang-orang terdekat yang telah wisuda, hadiahnya bisa berupa boneka, patung, kotak bunga, bucket bunga, bucket snack dan masih banyak lagi
  4. Menjual makanan dan minuman pada saat acara wisuda. Karena memang acar wisuda, setiap mahasiswa pasti akan mengundang orang tua serta jika memungkinkan anda juga bisa menyertakan kerabat-kerabat lainnya yang ingin datang. Nah, pada saat acara wisuda ini digelar, hanya kedua orang tua saja yang diijinkan masuk. Sehingga kerabat yang lain akan bingung, dan gelimpungan di depan kampus. Sehingga salah satu solusinya adalah menjual makanan atau minuman di sekitar lokasi wisuda

Artikel terkait :