Usaha Sampingan Modal Kecil

Usaha sampingan modal kecilPegawai memang identik dengan penghasilan tetap bulanan yang acap kali membuat iri para wirausahawan. Namun, di sisi lain, justru para karyawan merasa iri dengan pebisnis full time yang tidak terikat dengan jam kerja dan tampak memiliki pendapatan lebih tinggi meskipun tidak ada nominal yang pasti. Terlebih, tuntutan ekonomi yang semakin tinggi membuat pegawai harus memutar otak untuk mendapatkan penghasilan tambahan guna mencukupi keperluan harian karena gaji bulanan yang tidak dapat menutupi semuanya. Memiliki usaha sampingan merupakan salah satu solusi untuk mendapatkan sumber pemasukan keuangan lain. Namun, untuk membuka sebuah usaha, tentu membutuhkan modal yang disertai kemungkinan uang tersebut tidak akan kembali karena bisnis tidak berhasil, mengingat berwirausaha bukanlah perkara yang mudah. Untungnya, banyak usaha sampingan modal kecil yang dapat digeluti untuk menambah pundi-pundi keuangan bulanan.

Salah satu usaha sampingan modal kecil yang mendatangkan keuntungan lumayan cukup besar adalah menjual teh dalam cup. Teh sendiri merupakan minuman yang cocok dinikmati dalam segala suasana, baik saat musim kemarau maupun musim dingin, karena dapat disajikan hangat atau dengan es batu. Cukup dengan dana sebesar satu juta saja, usaha yang satu ini sudah dapat dijalankan. Peralataan dan bahan yang perlu dibeli adalah produk teh yang akan digunakan, cup plastik untuk wadah teh, cup sealer untuk mengepres bagian atas gelas plastik agar teh tidak tumpah meski dibawa perjalanan, serta banner promosi. Guna keperluan display, manfaatkan saja meja yang tidak terpakai di rumah. Tata cup plastik dan cup sealer di atas meja. Untuk tehnya, di hari pertama buat satu teko penuh ukuran sedang saja dahulu dan bila bisnis berjalan lancar, volume tehnya ditingkatkan sesuai kebutuhan. Jangan lupa memasang banner menghadap jalan agar mudah dilihat oleh orang-orang yang lewat. Selain banner bisa juga menggunakan standing tag.

Usaha sampingan modal kecil selanjutnya adalah berjualan gorengan. Sebagian orang mungkin merasa gengsi untuk menekuni profesi ini, padahal keuntungannya cukup lumayan, apalagi kalau gorengan laris terjual. Keuntungan dari satu biji gorengan saja bisa mencapai 100%. Bayangkan saja bila dalam sehari bisa menjual 100 biji gorengan yang setiap buahnya dijual seharga seribu rupiah. Jika modal persatuannya lima ratus rupiah dan sisanya merupakan keuntungan, maka Rp. 500,- x 100 biji = Rp. 50.000,- dan jika dihitung total keuntungan perbulannya Rp. 50.000 x 30 hari = Rp. 1.500.000,- !!! Lumayan sekali, bukan? Jika tidak nyaman dengan sindiran orang bila berjualan sendiri, maka solusinya adalah dengan menitipkan gorengan yang dibuat ke warung-warung terdekat, walaupun konsekwensinya keuntungan agak berkurang karena harus berbagi dengan pemilik warung yang dititipi gorengan tersebut.

Bisnis laundry juga termasuk peluangĀ usaha sampingan modal kecil yang dapat ditekuni. Cukup dengan memanfaatkan mesin cuci yang ada di rumah dan sedikit tenaga untuk menyetrika pakaian yang sudah kering saja usaha tersebut sudah bisa berjalan. Tidak perlu gengsi meskipun harus menyuci dan menyetrika pakaian orang lain, karena bisnis ini sangat menjanjikan mengingat orang zaman sekarang terlalu lelah untuk mengurus cucian kotor apalagi menyetrikannya. Bahan lain yang perlu dibeli hanya pewangi dan pelican pakaian yang super wangi khas laundry, di mana sudah mudah didapatkan di toko-toko grosir parfum. Namun, kalau diri sendiri sudah terlalu lelah untuk melakukan pekerjaan tersebut, cukup lakukan saja bagian mencucinya karena tinggal memilah pakaian dan memasukkannya ke mesin cuci saja, lalu untuk bagian setrika, bisa mempekerjakan seseorang dengan upah harian atau bulanan.

Berjualan pulsa elektrik merupakan usaha sampingan modal kecil lain yang dapat Anda jadikan pilihan. Dengan melakukan deposit di dealer pulsa terdekat sebesar Rp. 50.000,- sampai Rp. 100.000,- saja sudah bisa berjualan pulsa. Tidak harus memiliki konter khusus. Manfaatkan saja teman-teman kantor, keluarga, atau kenalan untuk membeli pulsa kepada Anda. Meskipun keuntungan sekali transaksi kurang dari Rp. 1.000,- tapi jika ditekuni dan omzet berjualan Anda semakin bertambah, maka keuntungannya pun akan lumayan besar.