Bisnis Sampingan Yang Cocok Untuk Mahasiswa

bisnis sampingan yang cocok untuk mahasiswaMenuntut ilmu setinggi mungkin merupakan sebuah kewajiban. Sayangnya, biaya pendidikan di Indonesia semakin lama justru kian mahal dan tidak terjangkau oleh kalangan menengah ke bawah, terlebih untuk jenjang perguruan tinggi. Jika ada yang berhasil mendapatkan beasiswa pendidikan pun masih harus memutar otak untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Memiliki bisnis sampingan yang dapat dikerjakan di luar jam kuliah dan menghasilkan keuntungan yang menjanjikan dapat menjadi solusi keuangan bagi para mahasiswa untuk digunakan memenuhi keperluan di luar kuliah, seperti membayar kos atau uang makan. Banyak sekali saat ini bisnis sampingan yang cocok untuk mahasiswa dan memiliki waktu yang fleksibel sehingga tidak akan mengatur jadwal kuliah. Selain mendapatkan uang tambahan, mereka pun dapat belajar sedari dini untuk menjadi enterpreneur yang menciptakan lowongan kerja untuk orang lain.

Bisnis Pulsa Elektrik Dan Kuota Internet

Berjualan pulsa dan kuota data merupakan bisnis sampingan yang cocok untuk mahasiswa. Pulsa dan kuota data saat ini sudah bukan lagi menjadi kebutuhan sekunder, tapi telah bertransformasi menjadi kebutuhan primer. Bahkan, beberapa orang, terutama anak muda, lebih rela tidak jajan daripada tidak memiliki kuota internet. Kondisi tersebut menciptakan peluang bisnis yang menjanjikan dengan menjual pulsa dan kuota. Terutama bagi mahasiswa yang memiliki teman-teman berusia muda dan sangat bergantung pada kedua produk tersebut. Bisnis ini tidak memerlukan modal yang besar. Cukup melakukan deposit di agen pulsa terdekat yang saat ini mudah sekali ditemui di seluruh penjuru Indonesia, bahkan kini banyak yang menyediakan aplikasi berjualan pulsa online tanpa perlu bertatap muka untuk proses deposit. Selanjutnya, promosikan usaha tersebut kepada teman-teman kuliah. Semakin banyak teman, bisnis berjualan pulsa dan kuota ini semakin laris dan bukan tidak mungkin berkembang lebih besar. Siapa tahu saat lulus nanti dapat membuka konter yang tidak hanya menjual pulsa, tetapi juga ponsel dan aksesorisnya.

Bisnis Jasa Pengiriman

Bisnis sampingan yang cocok untuk mahasiswa selanjutnya adalah jasa pengiriman. Yaitu menjadi kurir pengiriman barang atau makanan. Bisnis ini tentu hanya dapat berjalan jika mahasiswa tersebut memiliki kendaraan bermotor. Pertama-tama, promosikan jasa tersebut melalui situs iklan penyedia layanan jasa atau bisa juga dengan memanfaatkan akun sosial media yang dimiliki. Orang-orang yang membutuhkan jasa dapat melakukan pesanan dengan mengirim pesan ke nomor yang tertera. Ambil job hanya saat tidak ada jadwal kuliah. Berbeda dengan bergabung di perusahaan ojek online, berapapun omzet yang didapat tidak perlu dibagi dengan perusahaan dan sepenuhnya merupakan hak pribadi. Jika untuk satu job menerapkan biaya flat Rp. 10.000,- maka bila sehari mengambil 10 orderan, total omzet yang didapatkan adalah Rp. 100.000,- yang mana dalam kurun 30 hari berarti mencapai Rp. 3.000.000,-. Jika 40% dari omzet tersebut adalah modal, berupa uang bensin yang harus dikeluarkan, maka keuntungan sebesar Rp. 1.800.000,- dapat dikantongi setiap bulan.

Bisnis Penerjemah

Bagi yang memiliki kemampuan berbahasa asing, tidak ada salahnya mencoba memanfaatkannya sebagai bisnis. Belakangan ini pun, menjadi penerjemah menjadi bisnis sampingan yang cocok untuk mahasiswa dan menghasilkan keuntungan yang lumayan besar. Hanya dengan memanfaatkan penguasaan bahasa asing yang hampir tanpa modal, sudah bisa mengantongi pundi-pundi tambahan yang menggiurkan. Lebih baik lagi jika menguasai bahasa asing yang belum terlalu mainstream seperti bahasa Inggris, yaitu bahasa Mandarin, Jepang, Korea, atau Prancis, karena saingannya masih sedikit. Promosikan jasa tersebut melalui akun sosial media atau situs-situs pencari kerja.

Bisnis Jasa Pengetikan

Hampir setiap mahasiswa zaman sekarang memiliki laptop atau minimal komputer untuk menunjang pendidikan. Dengan memanfaatkan perangkat elektronik tersebut saja sudah bisa menciptakan bisnis sampingan yang cocok untuk mahasiswa, yakni usaha pengetikan. Terutama memanfaatkan rekan-rekan mahasiswa yang mungkin tidak punya waktu untuk mengetik tugas meskipun sudah selesai membuat konsepnya karena berkejaran dengan tugas dari mata kuliah lain. Untuk menjalankan bisnis ini, selain memiliki laptop atau komputer, diperlukan juga kemampuan mengetik yang cukup cepat namun ketelitian tinggi untuk memberikan pelayanan maksimal.

Artikel terkait :