Bisnis Sampingan Yang Menguntungkan

Bisnis sampingan yang menguntungkan merupakan impian bagi semua orang. Terlebih, citra pebisnis yang memiliki sumber uang tidak berseri dan penghasilan yang tidak terbatas waktu tertentu seperti karyawan yang hanya mendapatkan gaji setiap satu bulan sekali dan bahkan acap kali habis sebelum waktunya membuat orang-orang pun berbondong-bondong mencari peluang usaha sampingan di mana dapat menghasilkan keuntungan menggiurkan. Banyak sekali bisnis sampingan yang dapat ditekuni tanpa harus meninggalkan profesi utama bila berstatus pegawai aktif. Mulai dari yang membutuhkan modal kecil hingga modal besar. Calon enterpreneur dapat memilih sendiri bisnis yang ingin ditekuni dengan menyesuaikan modal yang dimiliki serta perkiraan akan kesanggupan menjalankan usaha tersebut. Dengan berbisnis, secara otomatis pula para wirausahawan telah turut meningkatkan taraf perekonomian negeri.

Beternak Ayam

Bisnis Sampingan Yang MenguntungkanAyam merupakan unggas yang sangat menguntungkan jika dijadikan sebagai hewan ternak. Tidak hanya dagingnya, namun telur ayam pun merupakan komoditas pangan dengan harga yang cukup mahal, terutama bila menjelang perayaan hari besar seperti lebaran, hari raya kurban, dan natal. Daging ayam sendiri merupakan bahan pangan yang tergolong stabil di pasaran dan selalu diburu konsumen setiap harinya karena merupakan daging yang paling terjangkau dibandingkan dengan hewan pedaging lain, seperti sapi dan kambing. Beternak ayam pun termasuk mudah dan tidak memerlukan modal yang besar. Sebagai permulaan, coba dulu membeli beberapa indukan untuk melihat progres dan menentukan kesanggupan meneruskan usaha tersebut atau tidak. Usaha ini dapat menjadi bisnis sampingan yang menguntungkan jika dikelola dengan baik. Selain untuk dijual telurnya dan sebagai daging potong di pasaran, beternak juga bisa dilakoni oleh pemilik bisnis rumah makan yang mengandalkan ayam sebagai menu utama. Dengan beternak sendiri, tentu biaya produksi pun akan lebih murah karena tidak perlu membeli ayam dari pihak lain dan dapat mengontrol sendiri kualitas dari daging ataupun telur yang diolah.

Bisnis Saham

Bisnis ini mungkin masih kurang familier dan hanya ditekuni oleh kelompok kecil tertentu di Indonesia. Padahal, bisnis saham merupakan salah satu bisnis sampingan yang menguntungkan jika memiliki kemampuan perhitungan ekonomi dan intuisi yang tajam. Saham-saham yang dapat dibeli adalah saham dari perusahaan publik yang melepas kepemilikan saham mereka di Bursa Saham. Menekuni bisnis investasi yang satu ini harus benar-benar teliti agar tidak mengalami kerugian. Ketika hendak membeli saham sebuah perusahaan, periksa dengan seksama lebih dahulu latar belakang dan pola manajemen serta menganalisa resiko dan peluang harga sahamnya di pasaran. Ketika hasil pemeriksaan tersebut positif, maka sebaiknya lekas beli saham perusahaan sebanyak mungkin. Lalu, ketika harga saham perusahaan tersebut sedang melonjak tinggi, segera lepaskan ke pasaran di mana keuntungan akan dihasilkan. Setelahnya, beralih dengan membeli saham perusahaan lain. Bagi pemula, lebih aman menjalankan pola give and take seperti itu dibandingkan langsung membeli saham dari beberapa perusahaan sekaligus yang biasanya dilakoni para profesional.

Bisnis Warnet Dan Game Online

Walaupun mayoritas anak zaman sekarang sudah dipenuhi fasilitasnya, seperti laptop atau komputer dan ponsel pintar, tetapi usaha warnet dan game online tetap menjadi bisnis sampingan yang menguntungkan. Hal itu dibuktikan dengan selalu ramainya gerai warnet dan game online yang dibuka. Meskipun, penggunanya di masa kini memiliki tujuan berbeda dengan user masa lalu. Dulu, orang pergi ke warnet untuk mendownload atau streaming video, sedangkan saat ini warnet merupakan tempat untuk beradu game online dengan sesama user di tempat tersebut.

Bisnis Broker

Bisnis broker atau perantara juga termasuk bisnis sampingan yang menguntungkan. Terutama, bagi yang memiliki koneksi luas dan keahlian pemasaran yang andal. Tugas broker hanya menjadi penengah antara pemilik properti dengan calon pembeli. Dengan keberadaan broker, pemilik tidak perlu bersusah payah mempromosikan properti yang hendak dijualnya dan melimpahkan tugas tersebut kepada broker yang dengan siap sedia akan mencarikan pembeli. Keuntungan menjadi broker sendiri bisa mencapai 10—25% dari nilai transaksi properti tersebut sesuai dengan kesepakatan dengan sang pemilik di awal.

Artikel terkait :