header 728 x 90 3

Cara Mudah Mempromosikan Produk Anda

promosi produkPromosi merupakan kegiatan mengenalkan suatu produk kepada calon pembeli biasanya dilengkapi penjelasan mengenai spesifikasi dan manfaatnya agar calon pembeli tertarik dan mau membeli produk tersebut. Setiap penjual atau pemasar produk pasti melakukan promosi walaupun dengan cara-cara yang sederhana, misalkan ada yang aktif menawarkan produknya kepada orang-orang atau hanya menaruhnya saja di etalase di keramaian tempat orang lalu lalang atau didepan rumahnya. Promosi dapat dilakukan dengan cara-cara sebagai berkut;

1. Penjualan langsung (Direct selling)
Penjualan langsung ditekankan pada mengenalkan produk kepada konsumen termasuk spesifikasi, cara pemakaian, keunggulan dan manfaatnya bagi mereka dengan harapan konsumen membutuhkannya serta tertarik untuk membeli. Promosi langsung sangat dibutuhkan dalam penjualan, walaupun saat itu konsumen belum membeli paling tidak mereka mengetahui tentang produk yang ditawarkan, suatu saat mereka butuh akan mencari atau menghubungi.

2. Promosi penjualan (Sales promotion)
Promosi penjualan dimaksudkan agar konsumen mau mencoba produk yang ditawarkan. Banyak program promosi yang diluncurkan seperti paket promosi liburan, beli satu gratis satu, program diskon akhir tahun, dan lainnya.

3. Iklan (Advertising)
Iklan diperlukan agar produk dikenal secara luas, baik melalui media cetak, spanduk, brosur, dan lainnya. Sekarang banyak tersedia layanan pemasangan iklan gratis di internet yang disediakan perusahaan khusus penyediaan ruang jual beli seperti olx, buka lapak dan sebagainya yang bisa dimanfaatkan oleh pengiklan produk.

4. Kegiatan hubungan dengan masyarakat (Public Relation)
Kegiatan sosial di masyarakat sering digunakan untuk sarana mengenalkan produk atau perusahaan kepada khalayak ramai, seperti santunan sosial dari sebuah perusahaan akan menaikan citra perusahaan dimasyarakat dan menarik simpati masyarakat.

5. Publikasi (Publication)
Publikasi biasa dilakukan untuk mengenalkan produk misalnya mengikuti perlombaan dnegan tujuan jika produknya menjadi juara akan dikenal luas sebagai produk nomor satu atau berkualitas, publikasi bisa juga dilakukan melalui talk show atau tanya jawab di radio, komunitas-komunitas tertentu dan lain sebagainya.
Kini telah biasa dilakukan promosi melalui internet bisa dilakukan dengan cara-cara sebagai berikut;
1. Mengirim email
Email bisa dipakai sebagai sarana promosi, data – data produk beserta penawaran dapat dikirim dengan email langsung kepada target pasar. Kini dengan bantuan software email dapat dikirim dalam jumlah besar bahkan ribuan atau ratusan ribu email dalam sekali pengiriman.
2. Membuat Mailing list (Milis) agar mudah melakukan promosi antar anggota atau member yang lainnya.
3. Iklan baris online
Produk dapat diiklankan pada web iklan baris, banyak web penyedia iklan yang memberi fasilitas gratis kepada yang berminat beriklan di web miliknya.
4. Elektronic magazine
Saat ini telah dikembangkan majalah elektronik yang dapat dijadikan media promosi kepada pembacanya dengan menampilkan produk – produk yang akan dijual.
5. E-Book
Banyak ebook yang diberikan Cuma-cuma, setiap orang yang membutuhkan boleh men-download-nya secara gratis tetapi di dalamnya ada produk yang dipromosikan beserta nama web yang menjualnya.
6. Sistem Afiliasi dan reseller
Sistem afiliasi dilakukan oleh pemilik produk untuk mengiklankannya di web orang lain dengan membayarnya untuk itu. Sistem reseller dimaksudkan membeli produk dari orang lain untuk dijual lagi, pihak yang mempunyai pruduk diuntungkan dengan ikut dipromosikan oleh pihak yang menjual kembali produk tersebut.
7. Blogging
Blog yang bertujuan komersial untuk menjual produk sangat baik dijadikan media promosi karena akan menampilkan berbagai informasi tentang produk secara lebih khusus.

Tags:

Rate this article!

author

Author: 

Related Posts