header 728 x 90 3

Sukses Berbisnis Walau Tidak Ahli

Sebuah paradigma yang berkembang dimasyarakat bahwa untuk memulai suatu usaha seseorang perlu memiliki keahlian dibidangnya, dia perlu sekolah yang tinggi untuk memperoleh skill atau kecakapan yang mumpuni, dan ia perlu menyiapkan berbagai kriteria untuk mendirikan sebuah perusahaan beserta legalitasnya. Pola pikir seperti itu tidak ada salahnya, namun kalau Anda perhatikan fakta yang terjadi banyak orang yang memiliki kemampuan dibidang pendidikan misalnya tapi ia bekerja sebagai kolektor pada perusahaan jasa keuangan dan ia menjadi seorang kolektor yang cakap, seseorang yang berkemampuan menangani bisnis perkapalan malah mendirikan toko kue dan ia sukses dengan toko kuenya, beberapa orang yang sekolah pada sekolah teknik bahkan lulusan pascasarjana, tapi ia sukses menjadi seorang politikus, anehnya seorang lulusan jurusan ilmu politik malah sukses pada usaha jasa service komputer.
sukses berbisnis walau tidak ahli

Kalau Anda perhatikan mengapa orang-orang bisa sukses padahal usaha atau pekerjaan itu bukan bidangnya, artinya sebelumnya ia tidak ahli bahkan mungkin waktu pertama menjalankan usaha ia masih agak bingung harus melakukan apa berbeda dengan yang sudah ahli pasti tidak akan ‘gagap’ semenjak memulai bekerja sampai proses selanjutnya. Kadang-kadang orang yang ahli pada suatu bidang malah tidak sukses membangun usaha pada bidang menurut keahliannya, malah ia sukses membuka usaha dibidang lain. Kalau kita mau menelaah, apakah perusahaan telekomunikasi yang sukses harus dipunyai oleh seorang ahli teknik elekto dan berasal dari jurusan telekomunikasi misalnya?, dalam kenyataannya suatu usaha yang bergelut pada suatu bidang tidak harus dimiliki orang yang ahli pada bidang tersebut.
Lalu mengapa mereka sukses pada bidang usaha padahal mereka tidak ahli?. Orang-orang tersebut mempunyai langkah-langkah yang jitu untuk menerobos dan mulai menjalankan bisnis serta mengembangkannya. Beberapa hal yang perlu dicermati berkaca pada orang-orang yang bukan ahli tapi sukses diantaranya;

1. Mereka sukses karena mereka punya kemauan yang keras dan keyakinan yang membaja bahwa mereka bisa sukses walaupun tidak ahli,
2. Keahlian biasanya berhubungan dengan masalah teknis, mereka yang sukses tidak berada diwilayah teknis, mereka berada diwilayah leadership dan mengembangkan kepemimpinan, dan mereka mampu merekrut ahli dibidang teknis yang loyal kepadanya.
3. Mereka fokus terus mengembang usahanya tidak memperdulikan pesaing yang jika dilihat dari segi keahlian pesaing mungkin lebih ahli, tapi mereka mampu mengembangkan kerjasama sehingga pesaing tidak dijadikan lawan tapi dirangkul menjadi kawan, mereka telah membuktikan kualitas dirinya sebagai pemimpin yang cakap.
4. Mereka mampu mendelegasikan pekerjaannya secara efektif terhadap bawahannya khususnya mengenai masalah teknik, mereka dapat fokus pada pengembangan usaha yang lebih luas seperti membidik untuk membuka cabang di tempat lain misalnya, atau mengembangkan program reseller misalnya.
5. Mereka pandai mengembangkan sistem usaha dan mampu bekerjasama dengan berbagai kalangan. Mereka tidak lagi bekerja tapi pekerjaannya dilakukan oleh sistem yang mereka buat, baik sistem produksi, sistem operasi, sistem pemasaran, sistem keuangan, sistem pengembangan SDM, sistem kontrol dan lainnya dalam satu kesatuan.
6. Mereka pandai menjalin relasi dan ahli dalam komunikasi terutama komunikasi massa seperti yang berhubungan denga tren suatu produk misalnya, jadi mereka sering berada diluar kantor menjalin kerjasama, relasi dan memantau pasar atau tren pasar.

Suatu usaha yang sukses pada bidang apapun bisa dimiliki oleh siapapun berasal dari bidang apapun, asal ia mau dan mampu mengelola usahanya, ia menangkap peluang yang besar dihadapannya dan ia ambil kesempatan itu lalu ia jalankan dan kembangkan dengan baik dan bersungguh-sungguh hingga akhirnya sukses.

Tags:

Rate this article!

author

Author: 

Related Posts