header 728 x 90 3

Teknik Memulai Usaha yang Menguntungkan

 

usaha yang menguntungkanMemulai sebuah usaha diperlukan suatu perencanaan yang matang. Terdapat hal-hal yang perlu untuk ditinjau lebih jauh. Tinjauan tersebut dapat berupa analisa SWOT, analisa segmentasi pasar, dan sebagainya. Kesemuanya berpengaruh dalam prospek perkembangan usaha Anda beberapa periode ke depan. Mengapa perlu dilakukan? Tidak lain yaitu untuk mengurangi dampak risiko yang nantinya akan dihadapi.

Dalam memulai sebuah usaha bisnis diperlukan suatu tata kelola baik dari internal maupun eksternal. Sistem yang terencana dengan baik dapat menjadikan usaha yang Anda kelola menjadi usaha yang menguntungkan. Kira-kira apa saja teknik yang dimaksud? Ini dia pembahasannya.

Hal yang Diperhatikan Ketika Memulai Usaha

Terdapat hal-hal yang perlu untuk dikaji dan ditinjau ulang ketika memulai sebuah usaha. Keinginan untuk mengelola usaha yang menguntungkan, mengharuskan Anda untuk bersikap hati-hati sebelum mengambil sebuah keputusan. Terdapat teknik yang perlu diperhatikan ketika memulai sebuah usaha yang menguntungkan, berikut diantaranya.

  • Tetapkan Fokus Bidang Produksi

Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum membuka sebuah usaha bisnis, yaitu menetapkan fokus produksi yang akan kita kelola. Apakah itu bidang kuliner, properti, investasi, jasa atau yang lainnya. Usahakan fokus satu bidang terlebih dahulu jika Anda tergolong sebagai seorang pebisnis pemula. Jangan mencoba untuk langsung membuka beberapa bisnis dalam satu waktu jika Anda belum ada pengalaman serupa di bidang yang terkait. Di samping itu, tetapkan pula fokus produk yang akan diproduksi, apakah sebagai produk pesaing atau produk substitusi. Jika usaha Anda masuk kategori pemula dengan kategori modal yang kecil, maka usahakan untuk menjadi produk substitusi saja karena level kemampuan dan kualitas produksi Anda belum sebanding dengan produk pesaing. Dikhawatirkan Anda akan mengalami defisit jika memaksakan untuk mejadi pesaing produk-produk yang telah mempunyai “nama”.

  • Sesuaikan Anggaran

Jika Anda sudah memenuhi poin pertama, maka selanjutnya Anda harus menentukan rancangan anggaran. Sesuaikan dengan budget modal yang Anda miliki, ketika budget Anda cukup untuk menyewa sebuah toko tidak masalah. Namun, ketika Anda mengalami kesulitan pendanaan modal di awal, hindari pinjaman dalam bentuk apapun. Selain dapat memengaruhi kegiatan dan kelancaran bisnis Anda kedepan, hal tersebut juga dirasa kurang efektif dalam menangani permasalahan tersebut. Sebaiknya Anda menyesuaikan kembali dengan modal yang Anda miliki, jika masih kurang untuk menyewa atau membuka sebuah toko, Anda bisa mencoba menjualnya melalui platform e-commerce, marketplace, atau sosial media yang Anda miliki dengan sistem pre order.

  • Analisa SWOT

Langkah selanjutnya yaitu lakukan analisa SWOT untuk memaksimalkan usaha yang sudah Anda rancang. Selain dapat mengetahui tingkat persaingan pasar, Anda juga bisa mengetahui peluang untuk dapat menjangkau pasar dengan mengetahui setiap kelebihan dan kelemahan produk Anda dibandingkan dengan produk sejenis atau serupa.

  • Tetapkan Ruang Lingkup Pemasaran

Ketika Anda sudah berhasil sampai tahap ketiga, hal yang harus Anda lakukan agar usaha Anda dapat menjadi usaha yang menguntungkan yaitu dengan melakukan penetapan ruang lingkup pemasaran atau penetrasi pasar. Penetrasi pasar atau segmentasi pasar berguna untuk mengetahui tingkat kebutuhan konsumen atas produk yang Anda tawarkan dengan membaginya ke dalam berbagai golongan dan klasifikasi, bisa sesuai tingkat pekerjaan, umur, geografis, dan sebagainya. Untuk mendapatkan data tersebut Anda bisa mencoba untuk melakukan mini survei di lingkungan sekitar tempat tinggal Anda. Hal tersebut dapat memengaruhi kelangsungan hidup produk Anda melalui pengembangan produk menjadi beberapa varian yang dibutuhkan oleh konsumen. Sehingga dapat memperlancar siklus daur produk yang Anda produksi.

  • Buat Rencana Strategis Beberapa Periode Kedepan

Jika Anda sudah menentukan beberapa poin sebelumnya, maka dirasa Anda sudah paham dan mantap untuk membuka sebuah usaha. Langkah selanjutnya yaitu dengan menyusun rencana strategis beberapa periode ke depan. Hal tersebut meliputi kesiapan produk untuk launching di tengah masyarakat, seberapa besar dan banyak produk tersebut dapat diminati oleh konsumen dan dapat terjual, serta merencanakan pendapatan rata-rata tiap periode melalui penetapan rencana produk yang terjual. Usahakan untuk mencapai BEP (Break Event Point) atau keadaan seimbang antara jumlah modal yang dikeluarkan untuk memproduksi suatu produk dengan jumlah produk yang terjual. Sehingga modal yang Anda keluarkan dapat tetap “aman” meskipun tidak mendapatkan keuntungan atau kerugian.

Beberapa hal atau teknik dalam memulai usaha baru tadi semoga dapat memberikan manfaat dan pencerahan bagi Anda yang menginginkan untuk membuka sebuah usaha yang menguntungkan. Terdapat faktor-faktor lain yang dapat memengaruhi kelangsungan produk Anda, namun semoga beberapa hal tadi dapat meminimalisir beberapa faktor penghambat usaha Anda. Semoga bermanfaat.

author

Author: 

Related Posts