header 728 x 90 3

Jenis Usaha Sampingan Untuk Guru

Guru merupakan sebuah profesi yang banyak diidamkan oleh banyak orang.profesi yang dilakukan di sekolahan ini memang banyak memberikan manfaat bagi para siswanya. Namun saat ini banyak juga guru non pns atau yang disebut sebagai guru honorer. Dimana gaji mereka sangat jauh di bandingkan guru yang telah menyandang status pns. Dimana gaji guru pns bisa mencapai hampir 4 juta. Namun gaji guru pns memang disesuaikan dengan pangkat golongannya masing-masing atau disebut juga sesuai dengan masa kerjanya setelah di angkat sebagai pns. Pendapatan yang sangat kontras, tentunya membuat guru honorer harus memutar otak untuk mendapatkan pemasukan tambahan guna mencukupi kebutuhan. Apalagi mereka yang telah berkeluarga tentunya tidak bisa hanya mengandalkan gaji guru honorer yang tak seberapa. Nah berikut ini akan sampaikan mengenai usaha sampingan guru yang bisa menjadi referensi bagi guru honorer di luar sana.

Ide usaha sampingan guru honorer

Jika anda adalah seorang guru honorer, tentunya anda masih memiliki waktu luang. Dimana jika anda bekerja di sekolah negri katakan saja di sekolah dasar yang jam kerjanya mencapai pukul 14.00. Tentu anda masih mempunyai waktu luang untuk menghasilkan uang. Salah satu usaha sampingan guru adalah mengajar bimbingan belajar, dimana anda bisa membuka bimbingan belajar tersebut untuk murid anda sendiri atau untuk siswa umum. Model pembelajaran yang bisa anda terapkan adalah model klasikal atau privat. Hal tersebut bisa anda sesuaikan dengan permintaan murid anda. Mengenai biaya bimbingan belajar tersebut, sebaiknya anda menyesuaikan dengan harga standard di lokasi anda.

Untuk mengembangkan usaha sampingan guru, anda juga bisa bekerja sama dengan guru honorer lainnya. Dengan demikian anda bisa mengembangkan bisnis anda ini. Dimana anda bisa memiliki jumlah murid yang semakin banyak. Sistem pembelajarannya pun bisa di sesuaikan dengan kemampuan atau bidang guru masing-masing. Selainitu kegiatan bimbingan belajar dapat dilakukan di tempat yang telah di sediakan atau bisa di rumah siswanya. Tentunya anda bisa memasang tarif yang berbeda antara datang ke rumah atau di tempat les. Begitu juga dengan model klasikal ataupun privat.

Dalam menjalankan usaha sampingan guru, anda harus benar-benar memantau kemampuan siswa. Dimana pada tahap awal pendekatan siswa sangat perlu dilakukan. Dimana kegiatan tersebut bertujuan agar siswa merasa nyaman untuk belajar bersama. Dengan demikian akan tercipta suasana yang berbeda. Dimana belajar di sekolah dan di bimbingan belajar akan dirasakan oleh siswa. Sehingga siswa akan merasa nyaman atau tidak takut bertanya ketika dirinya belum mampu mengerjakan atau belum jelas mengenai suatu pembelajaran. Selain itu bimbingan menjelang ujian uts, uas atau ukk tentunya sangat penting untuk menunjang nilai siswa saat menerima raport.

Sasaran bimbingan belajar anda tentunya bisa anda sesuaikan dengan konsentrasi saat anda kuliah. Atau di sisi lain anda bisa membuka bimbingan belajar untuk semua jenjang pendidikan. Dimana anda harus bisa menguasai segala mata pelajaran. Tidak hanya itu persiapan soal-soal juga sangat di butuhkan dalam usaha sampingan guruini. Nah itulah beberapa pertimbangan dalam menjalankan usaha sampingan untuk guru. Semoga bermanfaat.

Tags:

Rate this article!

author

Author: 

Related Posts