header 728 x 90 3

Macam Jenis Bisnis Sampingan Mahasiswa

bisnis sampingan mahasiswaMenjadi mahasiswa merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi para remaja dan orangtua. Apalagi jika kita bisa memperjuangkan pendidikan di perguruan tinggi dengan jerih payah sendiri. Kini telah banyak mahasiswa dengan latar belakang ekonomi kurang mampu tetapi berani kuliah untuk memperbaiki status sosialnya. Dan salah satu cara yang dilakukan untuk menyambung biaya perkuliahan dengan usaha sampingan. Bisnis sampingan mahasiswa sebenarnya memang telah banyak dilakukan. Namun tidak jarang dari mereka yang memilih kerja part time di sebuah tempat kerja untuk memperoleh tambahan uang saku. Untuk anda mahasiswa yang memiliki rutinitas padat, disarankan untuk memulai usaha baru dengan waktu yang lebih fleksibel.

Usaha Sampingan Untuk Mahasiswa

Menjadi penulis tentunya bukanlah hal asing lagi bagi mahasiswa. Para mahasiswa pastinya sudah sering membuat makalah, artikel, resume, laporan, dan lain-lain. Terlebih lagi dengan dimilikinya fasilitas laptop atau komputer yang dapat digunakan untuk membuka usaha baru. Bisnis sampingan mahasiswa sebagai penulis dapat menjadi pilihan untuk mencari pemasukan lebih. Anda bisa menulis cerpen, novel, atau puisi yang dapat dikirim ke surat kabar, atau yang paling mudah menjadi content writer. Penulis konten merupakan pekerjaan menulis artikel dengan jumlah kata tertentu yang kemudian anda jual.

Bisnis sampingan mahasiswa yang banyak diminati adalah bisnis les privat. Bisnis tanpa modal ini lebih mengandalkan pada ketrampilan dan ilmu yang dimiliki oleh seorang mahasiswa. Misalkan anda memiliki pemahaman lebih mengenai kimia, anda bisa membuka jasa menjadi guru les privat siswa setingkat SMA. Daripada bergabung dengan lembaga bimbingan belajar, memang lebih menguntungkan sebagai guru privat. Jika anda gabung dengan bimbel, honor anda pasti masih dipotong dengan administrasi. Sedangkan jika berdiri sendiri, harga dapat anda tentukan sendiri dan honor penuh menjadi milik anda. selain itu, waktu mengajar pun dapat lebih fleksibel.

Selanjutnya, bisnis sampingan mahasiswa yang paling banyak diminati adalah berbisnis online. Usaha ini memang sangat menggiurkan dan menjanjikan namun dibutuhkan banyak kesabaran dalam menjalankannya. Mahasiswa dapat meraih keuntungan dari ratusan ribu hingga ratusan juta rupiah hanya dari berbisnis online. Anda yang memiliki blog, bisa anda daftarakan dan pasang iklan dari google adsense. Atau anda dapat mengunggah video melalui youtube dengan iklan didalamnya. Ketika pengunjung mengklik iklan tersebut, anda akan mendapat uang.

Jika anda lebih senang berjualan, bisnis sampingan mahasiswa yang cocok adalah berjualan online. Jika tidak cukup modal, menjadi reseller atau dropship bisa anda lakukan. Dropship merupakan metode jual beli yang tidak mengharuskan anda memproduksi barang sendiri. Anda hanya perlu menyalurkan barang dari suplier kepada konsumen anda. Semoga uraian ini dapat membantu mahasiswa mencari tambahan income.

Tags:
author

Author: 

Related Posts