header 728 x 90 3

Peluang Bisnis Sampingan Untuk Pns

usaha sampingan pnsBekerja sebagai PNS siapa sih yang tidak mau? PNS atau Pegawai Negeri Sipil adalah salah satu jabatan yang banyak diinginkan masyarakat Indonesia. Hal ini diperkuat dengan pandangan masyarakat, jika seseorang yang bekerja sebagai PNS akan lebih terpandang. Upah yang memenuhi, bermacam tunjangan, kehidupan stabil, jaminan pensiun, menjadi magnet dari profesi ini. Tapi, tidak sepenuhnya juga orang berasumsi ingin menjadi PNS. Mereka beranggapan jika menjadi abdi negara tidak dapat memperkaya hidupnya. Sebesar apapun dedikasi anda, tetap terbatas pada kepangkatan anda. Salah satu solusinya bisnis sampingan PNS di luar jam kerja.

Sama halnya seperti pelajar, para PNS juga memiliki waktu luang. Kita tahu bahwa para pegawai memiliki jam kerja tetap di setiap harinya. Sehingga, bagi mereka yang memiliki jiwa bisnis pastinya akan menggunakan waktu luang yang dimiliki untuk melakukan bisnis sampingan PNS. Daripada waktu luang digunakan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat, lebih baik diisi dengan membuka usaha yang dapat menghasilkan uang. Dengan memiliki bisnis sendiri, kita akan lebih leluasa mengatur semuanya. Tidak terikat atasan dan aturan kantor seperti pegawai negeri. Untuk menentukan jenis usaha apa yang ingin anda tekuni, pastikan usaha tersebut sesuai dengan keahlian anda.

Peluang Usaha Sampingan Menjanjikan Untuk PNS

Menjalankan usaha yang anda sukai, akan membuat anda lebih bersemangat dan tidak mudah bosan dalam mengelola. Untuk masalah waktu, jika kelonggaran waktu anda masih kurang, anda bisa mencari karyawan untuk membantu anda. Beberapa pilihan bisnis sampingan PNS berikut dapat anda pertimbangkan mana yang cocok. Peluang usaha yang potensial sebagai sampingan yaitu bisnis katering. Usaha ini sangat cocok bagi ibu-ibu pegawai negeri yang punya ketrampilan memasak. Anda bisa menawarkan katering saat kantor anda sedang mengadakan acara. Jadi anda tidak terlalu repot untuk mempromosikan usaha ini.

Bisnis sampingan PNS selanjutnya adalah budidaya hewan ternak. Usaha dibidang peternakan ini lumayan mudah dan tidak terlalu menyita waktu. Anda bisa memulai dengan membeli bibit anak ayam atau itik, lalu mengembangbiakannya. Selain dagingnya, telurnya pun dapat anda jual. Anda bisa melakukan perawatan sore hari seusai bekerja atau pada saat weekend. Jika usaha anda sudah semakin besar, anda bisa mempekerjakan karyawan untuk mengurusnya.

Bagi anda PNS dengan tingkat kreativitas tinggi, tidak ada salahnya jika anda mulai mencoba bisnis sampingan PNS dengan membuat kerajinan tangan. Anda dapat memanfaatkan barang-barang di sekitar yang sudah tidak terpakai sebagai bahan baku. Seperti kain perca, anda dapat membuat boneka nan imut untuk souvenir pernikahan. Selain membantu mengurangi subsidi sampah, membuka lapangan pekerjaan baru bagi tetangga, dan yang pasti akan menambah penghasilan anda.

Tags:

Rate this article!

author

Author: 

Related Posts