header 728 x 90 3

Tips Dalam Memulai Bisnis Catering Rumahan

bisnis catering rumahanSebelum memulai bisnis catering rumahan, anda harus menentukan terlebih dahulu jenis usaha katering rumahan yang akan anda jalankan. Bisnis rumahan katering makanan ada berbagai macam seperti katering rumahan yakni usaha katering yang bisa melayani pesanan hingga 100 orang. Misalnya untuk rumah tangga, prasmanan untuk arisan atau pengajian, nasi boks 20 hingga 100 porsi serta nasi tumpeng. Jenis lainnya katering makanan anak yakni katering makan untuk anak sekolah yang disajikan dalam rantang makan khusus anak. Ada juga katering kantoran hingga katering acara khusus atau hajatan. Berikut beberapa tips memulai bisnis katering.

Tips memulai bisnis catering rumahan

Salah satu tips untuk memulai bisnis catering rumahan adalah menyiapkan besaran modal yang diperlukan. Adapun besaran modal yang dibutuhkan di antaranya biaya peralatan memasak.Untuk memasak sebanyak 100 porsi misalnya, dapat dikerjakan dengan menggunakan peralatan memasak yang sudah ada di rumah sehingga tidak perlu membeli peralatan baru. Biaya lainnya untuk ruangan atau dapur. Untuk katering skala rumahan, ruangan khusus tak perlu disiapkan. Akan tetapi sebaiknya dapur ditata sedemikian rupa dengan tujuan mempermudah pekerjaan, tambahkan juga rak-rak khusus sebagai tempat untuk perlengkapan memasak.

Tips selanjutnya untuk memulai bisnis catering rumahanadalah dengan menyiapkan rak-rak khusus untuk tempat bumbu-bumbu dapur dan jika perlu beri tanda atau label di masing-masing tempat bumbu agar mempermudah proses memasak.Selain itu, sebagai pemula umumnya masih memakai modal sendiri. Modal yang diperlukan di antaranya untuk berbelanja bahan makanan. Dan estimasi biaya yang dibutuhkan sekitar rp 500 ribu hingga 2 juta rupiah tergantung dari banyaknya pesanan yang diterima.

Tips memulai bisnis catering rumahan selanjutnyaadalah menyiapkan keterampilan yang wajib dimiliki. Dan keterampilan yang wajib untuk anda miliki di dalam usaha katering makanan rumahanini di antaranya adalah mengenai beragam masakan serta variasinya. Selain itu anda juga harus pintar untuk mengelola bahan-bahan makanan serta penggunaannya supaya tidak boros sehingga bisa terhindar dari kerugian. Selain itu anda juga harus membina hubungan baik dengan siapa saja, bahkan kepada pesaing anda sesama pengusaha katering.

Tips memulai bisnis catering rumahanyang lainnya adalah anda harus tahu harga yang dipatok oleh pengusaha katering yang lain agar anda bisa menentukan banderol harga yang pas. Selain itu perhatikanlah bagaimana cara memasak serta menyimpan hasil masakan dengan benar. Hal tersebut sangat penting demi menghindari masakan cepat basi atau bau akibat penanganan maupun penyimpanan yang salah. Perhatikan juga teknik berbelanja serta memilih bahan makanan supaya perhitungan biaya tak salah. Anda juga harus tahu informasi tempat untuk berbelanja bahan makanan dengan kualitas baik namun harga miring.

Tags:
author

Author: 

Related Posts